Modul 03 PKB Kepala Sekolah 2017 KK-C Tentang Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (M 03 SD)

Sahabat Library Pendidikan inilah modul 3 yaitu PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN KEPALA SEKOLAH Tentang KELOMPOK KOMPETENSI C PENGELOLAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN yang sebelumnya telah kami share yaitu yang bisa di unduh di bawah ini.
  • M 01 SD Tentang Program PKB Kepala Sekolah 2017 berisi "KK-A Pengelolaan Peserta Didik Baru" >>> Unduh Di Sini
  • M 02 SD Tentang Program PKB Kepala Sekolah 2017 berisi "KK-B Pengelolaan Administrasi Sekolah" >>> Unduh Di Sini
Dan yang akan kami share yaitu modul 3 yakni seperti di bawah ini.

  • M 03 SD Tentang Program PKB Kepala Sekolah 2017 berisi "KK-C Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan"

  • Kunjungi juga file-fle penting lainnya di bawah ini.

    BAGIAN I
    PENJELASAN UMUM
    Pengatar
    Kepemimpinan Saudara sebagai Kepala Sekolah dalam sistem administrasi berperan penting dalam pengelolaan sekolah. Administrasi yang baik akan meningkatkan fungsi pelayanan administrasi sekolah. Saudara dapat dengan mudah memantau perkembangan peserta didik, kebutuhan sarana dan prasarana, keadaan pendidik dan tenaga kependidikan atau kondisi keuangan, sehingga kinerja sekolah selalu terjaga dengan baik. Selain itu, peserta didik mendapatkan pelayanan pendidikan yang dibutuhkan, guru dapat mengelola pembelajaran dengan baik, orang tua dan masyarakat dengan mudah memperoleh informasi yang diperlukan.
    Pengelolaan administrasi sekolah menuntut partisipasi aktif dari berbagai pihak dalam perumusan kebijakan, transparansi dan akuntabilitas, sehingga dapat mendorong peningkatan mutu pendidikan. Transparansi mengharuskan sekolah terbuka, baik dalam masalah keuangan maupun pembelajaran sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat. Akuntabilitas merupakan pertanggungjawaban saudara terhadap orang tua dan masyarakat yang menyangkut aspek pengelolaansumber daya, proses pembelajaran dan pelayanan yang diberikan.
    Seiring perkembangan informasi dan teknologi, kepemimpinan saudara dalam administrasi sekolah dapat dilakukan dengan menggunakan komputer dan jaringan internet. Administrasi sekolah berbasis internet akan lebih mudah diakses oleh semua pihak yang berkepentingan.
    Bahan pembelajaran ini akan memfasilitasi saudara untuk meningkatkan kepemimpinan dalam administrasi sekolah. Kegiatan ini dilakukan melalui berpikir reflektif, studi kasus, curah pendapat (brainstorming), diskusi, bermain peran, simulasi, mengkaji dan melakukan perbaikan terhadap sistem administrasi yang ada dan membuat rancangan Sistem Informasi Sekolah (SIS) yang akan digunakan di sekolah. Jika memungkinkan, saudara dapatmelakukan semua tahap dengan berbasisTeknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
    Untuk mencapai target kompetensi bahan pembelajaran ini, saudara harus melakukan semua tahapan dalam modul, yang meliputi: simulasi pelibatan pendidik, tenaga kependidikan ataupun pihak lain dalam mengkaji administrasi yang ada, merencanakan tindakan perbaikan, melaksanakan tindakan perbaikan dan membuat rancangan Sistem Informasi Sekolah (SIS) yang akan digunakan di sekolah.
    Modul ini memperhatikan prinsip pendidikan inklusif yaitu (1) kehadiran; (2) penerimaan; (3) partisipasi; dan (4) pencapaian baik akademik maupun non-akademik untuk semua anak termasuk anak berkebutuhan khusus sebagai langkah terbaik untuk memastikan pelaksanaan perlindungan kesejahteraan anak. Pendidikan inklusif mengakomodasi semua kebutuhan anak dengan tidak mempersoalkan keadaan fisik, kecerdasan, sosial, emosional atau kondisi-kondisi lain. Prinsip-prinsip pendidikan inklusif ini juga diberlakukan bagi pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik.
    Seiring digulirkannya Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), penguatan karakter menjadi salah satu butir nawacita untuk mengutamakandan membudayakan pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu dalam modul ini akan diintegrasikan penguatan pendidikan karakter yang terdiri dari lima nilai yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Kelima nilai ini akan diimplementasikan dalam setiap kegiatan pembelajaran melalui aktivitas lembar kerja (LK) baik dalam kegiatan selama pelatihan In 1,On di tempat tugas masing-masing maupun selama In 2.

    Lihat riview buku dimaksud.




    Selesai sudah ketiga buku tentang program PKB Kepala Sekolah SD mulai dari KK-A, KK-B, dan KK-C. Maka dengan itu kami berharap silahkan baca dan pelajari buku-buku tadi agar pada waktu pelaksanaan in, on, in dan postest nanti lancar dan mendapatkan nilai yang diharapkan. Semoga menjadi Kepala Sekolah yang profesional sesuai dengan harapan. Amin

    Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

    Baca juga Artikel Penting Lainnya


    Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

    0 Response to "Modul 03 PKB Kepala Sekolah 2017 KK-C Tentang Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (M 03 SD)"

    Post a Comment

    Terima kasih sudah berkunjung