a. Komunikasi searah, dalam hal ini komunikasi yang dimaksud hanya terjadi dari guru ke siswa.
b. Komunikasi dua arah, komunikasi terjadi antara guru dengan siswa atau antara siswa dengan guru.
c. Komunikasi banyak arah, komunikasi terjadi antara guru dengan siswa atau antara siswa dengan siswa atau antara siswa dengan guru.
Dalam proses komunikasi guru dapat menyampaikan apa yang dimiliki kepada siswanya dengan tujuan agar pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki seorang guru dapat pula dimiliki siswanya. Seorang guru perlu menyadari bahwa proses komunikasi tidak selalu dapat berjalan dengan lancar, bahkan proses komunikasi itu dapat menimbulkan kebingungan, salah pengertian, bahkan mungkin salah konsep. Kesalahan komunikasi bagi seorang guru dapat dirasakan oleh para siswanya sebagai penghambat proses belajarnya. Kesalahan komunikasi dalam proses belajar mengajar dapat terjadi karena beberapa sebab, diantaranya:
1. Guru sebagai komunikator kurang mampu dalam cara menyampaikan pesan ;
2. Adannya perbedaan daya tengkap para siswa sebagai komunikan;
3. Adanya perbedaann ruang dan waktu antara guru sebagai komunikator dengan siswa sebagai komunikan ;
4. Jumlah siswa sebagai komunikan sangat besar, sehingga sukar dijangkau secara perorangan oleh guru sebagai komunikator.
Untuk menghindari atau mengurangi kemungkinan-kemungkinan terjadinya salah komunikasi maka harus digunakan sarana yang dapat membantu proses komunikasi, diantaranya yang disebut dengan media. Dalam proses belajar mengajar, media yang digunakan disebut pula media pendidikan. Karena media sebagai unsur penunjang dalam proses komunikasi maka jenis, bentuk dan fungsi media itu sangat ditentukan oleh jenis, bentuk dan tujuan komunikasi itu sendiri.
MENGAPA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MEMBUTUHKAN MEDIA?
Alasannya yaitu, Karena :
1. Objek matematika itu abstrak sehingga memerlukan peragaan
2. Sifat materi matematika tidak mudah dipahami
3. Hirarki matematika ketat dan kaku.
4. Aplikasi matematika kurang nyata
5. Belajar matematika perlu fokus
6. Citra pembelajaran matematika kurang baik
7. Kemampuan kognitif siswa masih konkret
8. Motivasi belajar siswa tidak tinggi
Dalam sistem pembelajaran modern, maka metode, prosedur dan teknik yang diterapkan dalam mengajar bidang studi mempunyai tujuan agar supaya proses pembelajaran efektif. Media di sini mempunyai sumbangan yang cukup besar dalam mencapai tujuan pembelajaran tersebut, karena media tersebut mempunyai banyak fungsi. Fungsi media pembelajaran diantaranya :
a. Membangkitkan motivasi belajar
b. Dapat mengulang apa yang telah dipelajari
c. Menyediakan stimulus belajar
d. Mengaktifkan respon peserta didik (siswa)
e. Menggalakan latihan yang serasi
f. Memberikan balikan dengan segera
Maka di sini penulis akan memberikan contoh kumpulan media pembelajaran interaktif matematika kelas 4 SD, yaitu tayangan berupa video.
Silahkan download, unduh file-file Kumpulan Materi Ajar Media Pembelajaran Interaktif Matematika Kelas 4 SD.
Download >>> MP Matematika Bangun Datar Simetris Kelas 4 SD
Download >>> MP Matematika Pecahan Kelas 4 SD
Download >>> MP Matematika Pencerminan Kelas 4 SD
Download >>> MP Matematika Perbandingan dan Skala Kelas 4 SD
Download >>> MP Matematika Uang Kelas 4 SD
Silahkan unduh juga file media pemnelajaran lainnya di bawah ini.
Mulai hari ini mari kita didik anak-anak kita dengan baik. Supaya mereka bisa meraih masa depan yang mereka inginkan . Kita mungkin tidak akan melihat masa depan tersebut tapi mereka akan melihatnya. Dan tugas kita adalah membantu mereka untuk berbuat sesuatu akan masa depan itu.
Itulah yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya, mohon maaf yang dalam dari hati sanubari.
Semoga membantu dalam menyampaikan materi tentang Materi Ajar Media Pembelajaran Interaktif Matematika Kelas 4 SD.
0 Response to "Kumpulan Materi Ajar Media Pembelajaran Interaktif Matematika Kelas 4 SD"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung