Kumpulan Materi Ajar Media Pembelajaran Interakif Bahasa Indonesia Kelas 4 SD

Selamat pagi sahabat guru semuanya ,,,,.!!!
Pada pagi yang bahagia ini librarypendidikan.com akan sedikit berbagi tentang materi ajar media pemblajaran interaktif mata pelajaran bahasa indonesia kelas 4 SD.
Baiklah sedikit kita bahas tentang media pembelajaran.
Secara umum manfaat penggunaan media pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar, diantaranya adalah :
(1) media pengajaran dapat menarik dan memperbesar perhatian anak didik terhadap materi pengajaran yang disajikan, 
(2) media pengajaran dapat mengatasi perbedaan pengalaman belajar anak didik berdasarkan latar belakang sosil ekonomi, 
(3) media pengajaran dapat membantu anak didik dalam memberikan pengalaman belajar yang sulit diperoleh dengan cara lain, (4) media pengajaran dapat membantu perkembangan pikiran anak didik secara teratur tentang hal yang mereka alami dalam kegiatan belajar mengajar mereka, misainya menyaksikan pemutaran film tentang suatu kejadian atau peristiwa. rangkaian dan urutan kejadian yang mereka saksikan dan pemutaran film tadi akan dapat mereka pelajari secara teratur dan berkesinambungan, 
(5) media pengajaran dapat menumbuhkan kemampuan anak didik untuk berusaha mempelajari sendiri berdasarkan pengalaman dan kenyataan, 
(6) media pengajaran dapat mengurangi adanya verbalisme dalam suatu proses (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka) (Latuheru, 1988:23-24). Sedangkan menurut Sadiman, dkk. (2002:16), media pengajaran dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera, misalnya : 
(1) obyek yang terlalu besar bisa digantikan dengan realita, gambar, film, atau model, 
(2) obyek yang kecil bisa dibantu dengan menggunakan proyektor, gambar, 
(3) gerak yang terlalu cepat dapat dibantu dengan timelapse atau high-speed photography, 
(4)kejadian atau peristiwa di masa lampau dapat ditampilkan dengan pemutaran film, video, foto, maupun VCD, 
(5) objek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain, dan 
(6) konsep yang terlalu luas (misalnya gunung berapi, gempa bumi, iklim, dan lain-lain) dapat divisualisasikan dalam bentuk film, gambar, dan lain-lain. Pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar perlu direncanakan dan dirancang secara sistematik agar media pembelajaran itu efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. 
Ada beberapa pola pemanfaatan media pembelajaran, yaitu :
(1) pemanfaatan media dalam situasi kelas atau di dalam kelas, yaitu media pembelajaran dimanfaatkan untuk menunjang tercapainya tujuan tertentu dan pemanfaatannya dipadukan dengan proses belajar mengajar dalam situasi kelas, 
(2) pemanfaatan media di luar situasi kelas atau di luar kelas, meliputi : 
    (a) pemanfaatan secara bebas yaitu media yang digunakan tidak diharuskan kepada pemakai tertentu dan tidak ada kontrol dan pengawasan dad pembuat atau pengelola media, serta pemakai tidak dikelola dengan prosedur dan pola tertentu, dan 
    (b) pemanfaatan secara terkontrol yaitu media itu digunakan dalam serangkaian kegiatan yang diatur secara sistematik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan untuk dipakai oleh sasaran pemakai (populasi target) tertentu dengan mengikuti pola dan prosedur pembelajaran tertentu hingga mereka dapat mencapai tujuan pembelajaran tersebut, 
(3) pemanfaatan media secara perorangan, kelompok atau massal, meliputi :
    (a) pemanfaatan media secara perorangan, yaitu penggunaan media oleh seorang saja (sendirian saja), dan 
    (b) pemanfaatan media secara kelompok, baik kelompok kecil (2-8 orang) maupun kelompok besar (9-40 orang), 
(4) media dapat juga digunakan secara massal, artinya media dapat digunakan oleh orang yang jumlahnya puluhan, ratusan bahkan ribuan secara bersama-sama.
Berdasarkan pendapat tersebut di atas, dapat dikatakan bahwa seorang guru dalam memanfaatkan suatu media untuk digunakan dalarn proses belajar mengajar harus memperhatikan beberapa hal, yaitu :
(1) tujuan pembelajaran yang akan dicapai, 
(2) isi materi pelajaran, 
(3) strategi belajar mengajar yang digunakan, 
(4) karakteristik siswa yang belajar. 
Karakteristik siswa yang belajar yang dimaksud adalah tingkat pengetahuan siswa terhadap media yang digunakan, bahasa siswa, artinya isi pesan yang disampaikan melalui media harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan berbahasa atau kosakata yang dimiliki siswa sehingga memudahkan siswa dalam memahami isi materi yang disampaikan melalui media. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan jumlah siswa. Artinya media yang digunakan hendaknya disesuaikan dengan jumlah siswa yang belajar.
Inilah contoh Kumpulan Materi Ajar Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD.













Kami share juga Kumpulan Bahan Ajar Media Pemnelajaran Interaktif lainnya di bawah ini.
Yu, Mari kita tonton dulu tayangan video di bawah ini!!!



Silahkan download / unduh file lainnya pada link yang telah tersedia.
Sampai di sini dulu perjumpaan kali ini, semoga yang kami share ini dapat membantu Bapak Ibu dalam menjalankan tugas sehari-hari yang mulia ini dapat berjalan dengan lancar, dan sukses. Amin

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Kumpulan Materi Ajar Media Pembelajaran Interakif Bahasa Indonesia Kelas 4 SD"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung