Pengenalan Komputer


 Sumber gambar : tekno.liputan6.com
Penggunaan telah digunakan dalam berbagai asepek kehidupan manusia. Perubahan yang cepat atau revolusi teknologi komputer telah telah membantu meringankan tugas-tugas dan pekerjaan manusia. Koputer tidak lagi digunakan hanya sekedar untuk keperluan komputasi saja, tetapi lebih itu, komputer juga digunakan untuk keperluan pengolahan, dan penyajian (presentasi) data dan informasi.
Jaman sekarang penggunaan komputer telah membentuk jaringan (network) yang digunakan untuk berbagai keperluan komunikasi, tidak terkecuali penggunaan komputer untuk pendidikan dan pembelajaran bukan lagi suatu hal yang baru.
Dalam hal ini, kita akan membaca tentang komponen-komponen dari perangkat komputer yaitu berupa perangkat keras dan lunak (hardware and software) berikut fungsinya serta beberapa aplikasi atau penggunaan komputer.
Mari simak berikut ini.
Perangkat dan Aplikasi Komputer 
Penggunaan komputer personal atau Personal Computer (PC), telah berkembang dengan sangat cepat dan pesat sejak tahun 1980an. Dengan kemampuan yang dimiliki, dalam menyimpan data dan memanipulasi data, saat sekarang ini komputer telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Pada umumnya sebuah perangkat komputer personal dapat digunakan untuk berbagai keperluan atau aplikasi, dianyaranya :
1. Pengertian (word prosesing)
2. Desain dan pembuatan grafik (grafic design)
3. Penyimpanan data (data storage)
4. Pengolahan data (data analysis)
5. Telekomunikasi melalui jaringan (internet)

1. Pengertian (word prosesing)  
 Istilah word prosesing dapat diartikan sebagai pengolahan kata dengan menggunakan komputer untuk pekerjaan pengetikan (typing), penyuntingan (editing), dan penyusunan tata letak (layout).
Komputer mempunyai kemampuan mengolah kata yang jelas lebih jauh dan lebih baik dari pada sebuah manual mesin tik. Hal ini karena komputer mempunyai kemampuan untuk merekam hasil ketikan. Rekaman hasil ketikan ini disebut file. Dengan memeakai atau menggunakan komputer kita juga dapat membuka kembali file tersebut untuk berbagai keperluan dilain waktu. Selain itu file yang kita miliki dapat disunting sesuai dengan keperluan atau kebutuhan.
Dengan menggunkan komputer kita juga dapat memilih dan menggunkan berbagai jenis huruf (font) dengan ukuran (size) yang bervariasi. Tidak hanya itu, penggunaan komputer juga telah memungkinkan kita untuk mengkobinasikan kata-kata teks dengan gambar. Dengan mengkobinasikan kata-kata teks dengan gambar jauh lebih baik.
Gambar : contoh hasil kombinasi teks dan gambar

2. Desain dan Pembuatan Grafik (grafic design)
Komputer juga dapat digunakan untuk keperluan merancang dan membuat bahan-bahan grafik dan chart. Dengan komponen ini dapat digunakan untuk keperluan presentasi atau menampilkan/penyajian data dan informasi, pada sekolah atau lembaga pendidikan yang telah maju, komputer telah digunakan sebagai media pembelajaran untuk pengajaran subjek atau materi pembelajaran tertentu. Jenis grafik yang sering digunakan untuk keperluan presentasi dan informasi yaitu grafik garis, grfik batang, grfik/diagram lingkaran, pie chart, flow chart, diagram.
Contoh tampilan grafik dalam komputer
3. Penyimpanan Data (data storage)
Komputer juga dapat digunakan untuk menyimpan bergagai jenis data. Misalnya, data yang telah kita kupulkan melalui sebuah penelitian, dapat kita simpan secara otomatis di dalam komputer. Data yang telah tersimpan dapat ditampilkan kembali apabila kita perlukan. Data dapat didefinisian sebagai kumpulan angka-angka yang belum disusun diolah secara sistematis. Proses pengolahan data akan menghasilkan informasi. Dengan istilah lain, informasi adalah data yang telah diolah sesuai keperluan, sehingga dapat dibaca dan dimengerti oleh penggunanya.
4. Pengolahan Data (data analysis) 
Komputer mempunyai kapasitas lebih dari sekedar sarana untuk menyimpan data. Data yang telah tersimpan dapat diolah dan diproses sesuai keperluan. Data yang telah diolah akan memberi informasi tertentu bagi penggunanya. Komputer digunakan secara intensif untuk keperluan analisis dan hasil-hasil penelitian (riset).
5. Jaringan Informasi (internet)
 Gambar : (sucessfull-internet-marketing)

Saat ini pengguna komputer telah membentuk jaringan atau network, dan juga kumpulan jaringan yang disebut dengan istilah web (www). Teknologi jaringan memungkinkan. Anda dapat mengirim dan menerima informasi dalam waktu yang bersamaan kepada rekan-rekan Anda yang berada di tempat yang berbeda.

Untuk lebih memahami jaringan informasi, lakukanlah sesering mungkin baik di rumah yang mempunyai prangkat komputer dan modm, speedy dan lainnya, bisa juga dengan mengunjungi warnet (warung internet) terdekat. Bisa menanyakan kepada rekan terdekat yang mengakses internet atau tutor guru anda tentang bagaimana cara mengirim, menerima, dan mencari informasi melalui jaringan komputer atau internet. 

Demikianlah artikel yang bisa kami tampilkan, mohon maaf banyak kekurangan, dan jadilah pemberi komentar sebagai masukan demi perbaikan selanjutnya.

Terima kasih telah membaca sahabat Library Guru Situs Tentang Pendidikan.
Wassalam http://bunyamincibalonggarut.blogspot.com


Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Pengenalan Komputer"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung