Library Pendidikan - Kami suguhkan postingan pada kali ini yaitu Lomba Gambar bercerita dalam FLS2N SD Tahun 2018 lengkap dengan Contoh Gambar Bercerita Tingkat SD. Gambar bercerita adalah gambar yang memiliki narasi literasi visual yang tujuannya menceritakan proses kejadian/ peristiwa melalui bahasa gambar, tanpa tulisan. Gambar itu dapat bercerita tentang persoalan kehidupan sehari-hari, kegiatan sehari-hari, kejadian atau peristiwa tertentu, seperti peristiwa sejarah/ legenda/ mithos, kejadian luar biasa bencana alam, proses gotong-royong menyelesaikan permasalahan, proses belajar mengajar di sekolah dengan berbagai aktivitasnya, dan lain-lain.
![]() |
Contoh Gambar Bercerita |
Gambar tersebut harus dapat menunjukkan proses kejadian atau peristiwa yang berkesinambungan dalam satu frame dan bukan sekedar scene foto (stop moment) dari satu kegiatan, kejadian atau peristiwa saja. Proses menunjukan perbedaan waktu awal sampai akhir dalam satu bidang gambar (moment of name).
Gambar bercerita biasanya ditampilkan melalui cara menggambarkan obyek gambar, melalui bahasa tubuh/ gerak tubuh (gesture), ekspresi wajah dan obyek-obyek pendukung lainnya. Unsur-unsur rupa dalam Gambar bercerita tidak sama dengan cerita bergambar: juga bukan gambar ilustrasi dalam buku cerita dan bukan gambar komik berupa rangkaian potongan-potongan gambar.
Teknis Pelaksanaan
Lomba Gambar Bercerita dilakukan dalam 2 (dua) sesi yang dilaksanakan dalam 2 (dua) hari sebagai berikut:
a. Hari pertama
- Kegiatan Iomba di hari pertama adalah membuat gambar bercerita dimana peserta memilih judul yang akan disampaikan pada saat lomba.
- Peserta membuat gambar bercerita tidak berwarna (hitam putih) sesuai dengan judul yang sudah dipilih;
- Peserta menggunakan alat gambar pensil 2B, 3B dan 4B dan spidol hitam 0,4-0,8 yang disediakan oleh panitia;
b. Hari kedua
- Kegiatan lomba di hari kedua adalah membuat gambar bercerita dengan teknik warna setelah memilih salah satu judul dan cerita yang akan disampaikan pada saat lomba atau bisa juga memakai judul yang sama dengan judul gambar bercerita dihari pertama. Tujuan kegiatan dihari kedua adalah menguji kreativitas dan keaslian/ originalitas karya yang di buat oleh siswa.
- Peserta bisa menggunakan salah satu atau bisa juga menggunakan semua alat gambar yang disediakan panitia (pensil gambar berwarna multi teknik, spidol).
Peserta mencantumkan data pada kertas gambar bagian belakang meliputi:
Nama : ……….
Judul Karya : ……….
Material yang digunakan : ……….
Kab/Kota : ……….
Provinsi : ……….
Ketentuan dan Pelaksanaan
Ketentuan dan pelaksanaan lomba Gambar Bercerita:
- Peserta wajib mengikuti ketentuan dan tata tertib yang ditetapkan panitia
- Peserta akan mendapatkan pengarahan dan pengawasan hanya oleh panitia resmi yang telah ditetapkan
- Peserta akan mendapatkan fasilitas alat menggambar dari panitia dan tidak diperkenankan menggunakan peralatan sendiri
- Pada saat lomba berlangsung, orang tua, guru, pembina atau siapapun tidak diizinkan memasuki ruang lomba
- Penilaian hanya dilakukan oleh Dewan Juri yang telah resmi ditetapkan oleh panitia
- Hasil keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat
Topik Gambar Bercerita
Tema utama :
“Mengembangkan karakter dan prestasi melalui kreasi Seni”
Yang tujuannya adalah menanamkan untuk mencintai Tanah Air Indonesia dengan segala keragaman dan kekayaan budayanya, memupuk sikap toleransi, budi pekerti dan membangun karakter bangsa Indonesia yang kreatif dan sikap mandiri dalam ke-Bhinneka Tunggalika melalui proses berkesenian.
Bahan dan Alat
Peserta hanya diperbolehkan menggunakan alat gambar yang disediakan panitia berupa:
- Kertas khusus gambar 270g s/d 300g ukuran 60 cm x80 cm (A1);
- Krayon;
- Pensil warna (watercolour pencils);
- Spidol gambar (warna) dan Spidel hitam 0,4-0,8;
- Pensil 2B, 3B dan 4B + penghapus dan peraut pensil.
Kriteria Penilaian
a. Aspek Edukasi
- Gambar dan isi cerita sifatnya mendidik sesuai dengan norma kesusilaan dan tidak bertentangan dengan unsur PARAS (pornografi, agama, ras antargolongan, dan suku);
- Pengetahuan dan wawasan;
- Memahami dan mengetahui makna (tema & cerita) yang dipilih.
b. Aspek Cerita
Aspek cerita mencakup:
- Kehidupan atau dunia anak-anak (siswa sekolah dasar);
- Sederhana dan komunikatif;
- lsi cerita yang dibuat dalam bentuk gambar harus sesuai dengan Tema dan cerita yang dipilih (menjawab seal).
c. Aspek Gambar
Aspek gambar mencakup kreativitas:
- Keaslian: ide/karya sendiri tanpa dibantu orang lain atau hasil jiplakan
- Kebaruan: merupakan karya baru dari sisi visual ide, karakter, gaya, warna, garis dan bentuk belum pernah ada sebelumnya.
- Keluwesan: unsur rupa yang dihadirkan (obyek gambar) enak dilihat tidak terlihat kaku, suasana seperti hidup. Bentuk cerita yang ditampilkan alami dan bisa dimengerti (masuk diakal)
- Kelancaran: komponen-komponen gambar dapat menceritakan sesuai tema secara runtut, lancar dan berkesinambungan (dalam menggambar alur ceritanya mengalir seperti air).
- Ekspresi & daya ungkap ide atau gagasan (Kompleksitas: Kekayaan rupa/keragaman objek yang digambarkan dan keunikan.
- Peguasaan media dan teknik serta mampu mengkomposisikan dan menyusun unsur-unsur visual (garis, warna dan objek-objek) dalam gambar dengan baik.
d. Penentuan Juara
Penentuan dan penetapan Juara I, II, III serta harapan I, II, III berdasarkan hasil perolehan nilai maksimal yang mengacu pada kriteria penilaian Iomba, dari 15 Finalis.
Silahkan download khusus juknis Lomba Gambar Bercerita FLS2N SD Tahun 2018 pada link di bawah ini.
Sumber : Petunjuk Teknis Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tahun 2018 SD
Gambar : Newsletter-FLS2N-2013-Edisi-1Direktur Jenderal Pendidikan Dasar.
>>>>>.....
>>>>>.....
Untuk referensi atau bahan motivasi dan berkreasi kami tampilkan contoh gambar bercerita yang bisa di unduh di bawah ini.
Contoh Cerita Bergambar Bercerita FLS2N SD 2018
Cergam Bona: Ola Sakit Gigi
“Bona, sudah bertemu Ola hari ini? Dia galak sekali,” lapor Kaka. “Galak bagaimana? Mungkin dia galak karena kamu mengganggunya,” tanggap Bona.
“Tidak, kok. Aku cuma mengajaknya makan es krim,” jawab Ola. “Kenapa kamu tidak mengajakku? Huh!” seru Bona.
“Ola, kamu kenapa?” tanya Bona. “Gigiku sakit. Huhuhu…,” keluh Ola. “Ola, kamu harus segera ke dokter gigi, lo,” saran Kaka dengan hebohnya.
“Tidak mau. Aku takut ke dokter gigi!” tukas Ola marah. Sakit gigi membuat Ola marah-marah terus. “Ola, tenang saja. Kami akan menemanimu, kok,” hibur Bona.
“Baiklah kalau begitu,” ujar Ola. Dokter gigi memeriksa gigi Ola dengan teliti. Ternyata gigi Ola ada yang berlubang dan harus ditambal.
“Nah, hari ini kita semua makan bubur untuk menemani yang sakit gigi,” kata Bona. “Teman-teman, terima kasih, ya, sudah menemaniku,” bisik Ola pelan.
Selengkapnya file di atas dapat di download pada url atau link di bawah ini.
Sumber: http://bobo.grid.id
0 Response to "Lomba Gambar Bercerita dalam FLS2n SD Tahun 2018 Lengkap Dengan Contoh Gambar Bercerita"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung