Dalam mengghadapi ujian sekolah (US) atau Ujian Nasional (UN) untuk tingkat satuan pendidikan SMP dan MTs memang perlu perencanaan yang matang. Yaitu diantaranya sekolah haruslah membuat rancangan yang matang diantaranya berada di sebuah proposal yaitu kami berikan sebuah contonya yang bisa diunduh/didownload untuk Bapak dan Ibu setelah akhir artikel di bawah ini dengan linknya "Download Contoh Program Kerja Ujian Sekolah (US) SMP-MTs Berstandar Nasional"
Supaya lebih jelas dan tidak ragu kami sajikan sekilas rincian tentang contoh prosopsal ini, hanya Bapak dan Ibu nantinya mengedit untuk disesuaikan dengan sekolah masing-msing.
Inilah rincian makalah di maksud.
Contoh Cover / Sampul
Download Contoh Program Kerja Ujian Sekolah (US) SMP-MTs Berstandar Nasional |
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam kehidupan suatu bangsa, pendidikan mempunyai peranan yang amat penting dan strategis untuk kelangsungan dan perkembangan kehidupan bangsa dan negara yang bersangkutan.
Negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah bangsa Indonesia serta memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa. Demikian amanat yang terkandung di dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat yang merupakan buah pikiran para pendiri negara kesatuan RI. Diamanatkan pula oleh UUD 1945 pasal 3 ayat 2 bahwa pemerintah menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional.
Pemerintah menyelengarakan suatu sistem pendidikan nasional yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Guna mengetahui keberhasilan tujuan pendidikan nasional tersebut maka dilakukan penilaian secara berkesinambungan pada setiap jenis, satuan dan jenjang pendidikan. Pada akhir penyelesaian setiap jenjang pendidikan dilakukan penilaian berupa Ujian Sekolah. Ujian Sekolah merupakan penilaian terhadap semua mata pelajaran untuk tingkat sekolah.
Program Kerja sederhana ini merupakan tuangan dari rencana dan pedoman dalam menyelenggarakan kegiatan keseluruhan Ujian. Untuk itu penting kiranya Program Kerja ini disusun sesuai dengan tuntunan dan kebutuhan secara objektif dan realistis, agar pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional berhasil guna dan berdaya guna.
B. Dasar Hukum
- Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, a. Pasal 58 ayat (2) b. Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
- Pasal 63 ayat (1). Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas: a. penilaian hasil belajar oleh pendidik; b. penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan; dan c. penilaian hasil belajar oleh Pemerintah.
- Undang-undangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 44 yang menyatakan bahwa penilaian pendidikan mencakup penilaian kegiatan dan kemajuan belajar peserta didik serta hasil belajar suatu jenis dan atau jenjang pendidikan.
- Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22, 23, dan 24 tahun 2006.
- Kalender Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut Tahun Pelajaran 2013/2014.
- SK Mendiknas Nomor 18/U/2002 tentang Penyesuaian GBPP dan Penilaian pada Sistem Semester.
- Pedoman Penunjang Kurikulum 2006 yang diterbitkan oleh Direktorat PLP Ditjen Dikdasmen (edisiDesember 2006), antara lain : a. Pedoman PembelajaranTuntas (Mastery Learning). b. Pedoman Pembuatan Laporan Hasil Belajar Standar Nasional Pendidikan (SNP)
a. Standar Kompetensi Lulusan :
- Digunakan sebagai pedoman penilaian dalam penetuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.
b. Standar Isi
- Kerangka dasar dan struktur kurikulum
- Beban kerja
- Kurikulum tingkat satuan pendidikan
- Kalender pendidikan/akademik
c. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
d. Standar Proses
- Proses pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
e. Standar Sarana dan Prasarana
Persyaratan minimal tentang sarana :
Persyaratan minimal tentang sarana :
- Perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, BHP.
- Persyaratan minimal tentang prasarana :
- Ruang kelas, ruang pimpinan satuan pendidikan, ruang pendidik, ruang tata usaha, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang bengkel kerja, ruang unit produksi, ruang kantin, intalasi dan jasa, tempat berolahraga, tempat beribadah, tempat bermain, tempat berkreasi.
f. Standar Pembiayaan (Biaya Investasi, Biaya Personal, Biaya Operasi)
Persyaratan minimal tentang biaya investasi :
- Meliputi biaya penyediaan sarana dan prasarana, pengembangan sumber daya manusia, dan modal kerja tetap.
Persyaratan minimal tentang biaya operasional :
- Meliputi biaya pendidikan yang harus dikeluarkan oleh peserta didik untuk bisa mengikuti proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.
Persyaratan minimal tentang biaya operasi meliputi :
- Gaji pendidik dan tenaga kependidikan serta segala tunjangan yang melekat pada gaji.
- Bahan atau peralatan pendidik habis pakai.
- Biaya operasi pendidikan tak langsung berupa daya, air, jasa telekomunikasi, pemeliharaan sarana dan prasarana, uang lembur, transportasi, konsumsi, pajak, asuransi, dan lain sebagainya.
g. Standar Pengelolaan
Standar pengelolaan oleh Satuan Pendidikan, Pemda dan Pemerintah :
Standar pengelolaan oleh Satuan Pendidikan, Pemda dan Pemerintah :
Dikdasmen :
- Menerapkan manajemen berbasis sekolah yang ditujukan dengan kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
Dikti :
- Menerapkan otonomi perguruan tinggi yang dalam batas-batas yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku memberikan kebebasan dan mendorong kemandirian.
h. Standar Penilaian Pendidikan
- Standar penilaian pendidikan merupakan standar nasional penilaian pendidikan tentang mekanisme, prosedur, dan instrument penilaian hasil belajar peserta didik.
C. Maksud dan Tujuan
Penyusunan Program Kerja ini bertujuan :
- Sebagai pedoman, petunjuk, tuntunan dan arahan kepada seluruh anggota KKP khususnya dan kepada seluruh pegawai lainnya baik yang berkaitan langsung atau tidak langsung dengan kegiatan Ujian Sekolah.
- Karena bersifat informatif dan dokumentatif, maka Program Kerja ini akan dapat menyimpan data dan gambaran guna perbaikan bagi pelaksanaan Ujian Sekolah yang akan datang.
- Menilai kemampuan siswa setelah menempuh kegiatan belajar mengajar selama satu semester.
- Menjadi tolak ukur bagi guru, sampai di mana kemampuan siswa dalam keberhasilan pelaksanaan proses belajar mengajar.
D. Sistematika
Program Kerja ini disusun berdasarkan sistematika sebagai berikut :
Program Kerja ini disusun berdasarkan sistematika sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar
C. Tujuan
D. Sistematika
BAB II PENYELENGGARAAN
A. Pengorganisasian
B. Pembagian Tugas
C. Pengawasan
D. Peserta
E. Waktu Pelaksanaan
F. Tempat Penyelenggaraan
G. Administrasi
BAB III PENYELESAIAN
A. Pemeriksaan
B. Pengelohan Nilai
C. Pembiayaan
D. Pemantauan dan Evaluasi
E. Pelaporan
BAB IV JADWAL KEGIATAN
BAB V PEMBIAYAAN
BAB VI PENUTUP
- LAMPIRAN-LAMPIRAN :
- Kumpulan SK Kepala SMPN 3 Cisompet
- Daftar Personal KKP Ulangan Akhir Semester (UAS)
- Daftar Pengawa Ulangan Akhir Semester (UAS)
- Daftar Peserta Ulangan Akhir Semester (UAS)
- Jadwal Ulangan Akhir Semester (UAS)
- Tata Tertib Pengawas Ulangan Akhir Semester (UAS)
- Tata Tertib Peserta Ulangan Akhir Semester (UAS)
- Denah Lokasi Ulangan Akhir Semester (UAS)
- Jadwal Pengawas Ulangan Akhir Semester (UAS)
- Format-format Kelengkapan administrasi Ulangan Akhir Semester (UAS)
BAB II
PENGORGANISASIAN
PENGORGANISASIAN
A. Pengorganisasian Personal
Untuk menunjang kelancaran Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2013/2014 di SMP Negeri 3 Cisompet, perlu dibentuk Kelompok kerja Panitia ( KKP ) yang ditetapkan berdasarkan SK Kepala Sekolah. Adapun susunan KKP Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah sebagai berikut :
1. Ketua : .......................................................
2. Sekretaris : .......................................................
Untuk menunjang kelancaran Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2013/2014 di SMP Negeri 3 Cisompet, perlu dibentuk Kelompok kerja Panitia ( KKP ) yang ditetapkan berdasarkan SK Kepala Sekolah. Adapun susunan KKP Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 2013/2014 adalah sebagai berikut :
1. Ketua : .......................................................
2. Sekretaris : .......................................................
3. Bendahara : .......................................................
4. Anggota : 1. .......................................................
2. .......................................................
3. .......................................................
4. .......................................................
4. .......................................................
5. .......................................................
B. Pembagian Tugas
Terlampir
C. Pengawasan
Pengawas ruang US adalah guru-guru SMP Negeri .................sebanyak.......orang.
D. Peserta
Peserta US Tahun Pelajaran 20.../20.... di SMP .............., adalah siswa kelas IX sebanyak 122 orang, yang didistribusikan ke dalam 6 ruang, dengan rincian sebagai berikut :
Ruang Banyak Peserta Nomor Peserta
01 21 Orang 17 - 083 - 001 - 8 s.d 17 - 0830 - 20 - 5
02 21 Orang 17 - 083 - 021 - 4 s.d 17 - 083 - 040 - 9
03 21 Orang 17 - 083 - 041 - 8 s.d 17 - 083 - 060 - 5
04 21 Orang 17 - 083 - 061 - 4 s.d 17 - 083 - 080 - 9
05 21 Orang 17 - 083 - 081- 8 s.d 17 - 083 - 100 - 5
06 20 Orang 17 - 083 - 101 - 4 s.d 17 - 083 - 122 - 7
Jumlah Peserta 125 Orang
E. Waktu Pelaksanaan
Lengkap terlampir di file
(Waktu, jadwal, lengkap terlampir)
F. Tempat Penyelenggaraan
Tempat pelaksanaan US seluruhnya terletak di SMP Negeri .......... dengan menggunakan ruangan berjumlah ......ruang.
Terlampir
C. Pengawasan
Pengawas ruang US adalah guru-guru SMP Negeri .................sebanyak.......orang.
D. Peserta
Peserta US Tahun Pelajaran 20.../20.... di SMP .............., adalah siswa kelas IX sebanyak 122 orang, yang didistribusikan ke dalam 6 ruang, dengan rincian sebagai berikut :
Ruang Banyak Peserta Nomor Peserta
01 21 Orang 17 - 083 - 001 - 8 s.d 17 - 0830 - 20 - 5
02 21 Orang 17 - 083 - 021 - 4 s.d 17 - 083 - 040 - 9
03 21 Orang 17 - 083 - 041 - 8 s.d 17 - 083 - 060 - 5
04 21 Orang 17 - 083 - 061 - 4 s.d 17 - 083 - 080 - 9
05 21 Orang 17 - 083 - 081- 8 s.d 17 - 083 - 100 - 5
06 20 Orang 17 - 083 - 101 - 4 s.d 17 - 083 - 122 - 7
Jumlah Peserta 125 Orang
E. Waktu Pelaksanaan
Lengkap terlampir di file
(Waktu, jadwal, lengkap terlampir)
F. Tempat Penyelenggaraan
Tempat pelaksanaan US seluruhnya terletak di SMP Negeri .......... dengan menggunakan ruangan berjumlah ......ruang.
BAB III
PENYELESAIAN
PENYELESAIAN
A. Pemeriksaan
Pemeriksaan hasil US Tahun Pelajaran 2013/2014 dilaksanakan di SMP Negeri 3 Cisompet oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan.
B. Pengolahan Nilai
Peserta didik dinyatakan lulus Ujian Sekolah apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
- Memiliki rata-rata nilai minimal 6,00 baik untuk ujian tulis maupun ujian praktik;
- Mencapai nilai batas lulus untuk setiap mata pelajaran sesuai dengan yang ditentukan oleh sekolah penyelanggara.
C. Pembiayaan.
Biaya penyelenggaraan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2013/2014 bersumber dari Dana Bantuan Operasional ( BOS).
D. Pemantauan dan Evaluasi
Penyelenggaraan US dipantau dan dievaluasi oleh tingkat sekolah/madrasah sesuai dengan tugas dan kewenangannya.
E. Pelaporan.
Laporan penyelenggaraan US antara lain tentang:
Biaya penyelenggaraan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2013/2014 bersumber dari Dana Bantuan Operasional ( BOS).
D. Pemantauan dan Evaluasi
Penyelenggaraan US dipantau dan dievaluasi oleh tingkat sekolah/madrasah sesuai dengan tugas dan kewenangannya.
E. Pelaporan.
Laporan penyelenggaraan US antara lain tentang:
- Pelaksanaan ujian;
- Nilai Ujian Praktek;
- Nilai Ujian Tulis US beserta nilai rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan rentang nilainya;
- Penggunaan biaya US, dan sebagainya.
BAB IV
JADWAL KEGIATAN
JADWAL KEGIATAN
No. Urut Jenis Kegiatan Waktu
1 Pembentukan KKP tanggal..................
2 Rapat Kerja KKP tanggal.................
3 Penyusunan Rencana Anggaran Biaya tanggal.................
4 Penyusunan Program kerja tanggal ................
5 Pengadaan Format-Format tanggal.................
6 Penyampaian Surat Tugas Penguji Praktek dan Pengawasan tanggal.................
7 Rapat sosialisasi Pengawasan Ujian Sekolah tanggal................
4 Penyusunan Program kerja tanggal ................
5 Pengadaan Format-Format tanggal.................
6 Penyampaian Surat Tugas Penguji Praktek dan Pengawasan tanggal.................
7 Rapat sosialisasi Pengawasan Ujian Sekolah tanggal................
8 Pembagian Kartu Peserta tanggal.................
9 Pemberesan Ruangan tanggal.................
10 Pemasangan Nomor Peserta pada Meja Peserta tanggal..................
11 Pelaksanaan US tanggal.................
9 Pemberesan Ruangan tanggal.................
10 Pemasangan Nomor Peserta pada Meja Peserta tanggal..................
11 Pelaksanaan US tanggal.................
BAB V
RENCANA ANGGARAN BIAYA
RENCANA ANGGARAN BIAYA
A. Sumber Biaya
Sumber biaya diambil dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) lengkap terlampir
B. Rencana Anggaran Biaya lengkap terlampir
II. Pelaksanaan
Kepanitiaan 8 Orang = 1.220.000,-
Konsumsi Panitia (8 Org x 5 hr x Rp. 10.000,-) = 400.000,-
Pengawasan Ruangan (6 Org x 5 hr x Rp. 17.500,-) = 525.000,-
Konsumsi Pengawas (6 Org x 5 hr x Rp. 5.000) = 150.000,-
Pemeriksaan (125 siswa x Rp. 600,- x 8 MP) = 600.000,-
Honor Praktek (125 siswa x Rp. 600,- x 8 MP) = 600.000,-
Konsumsi Praktek = 135.000,-
Monitoring Pengawas (2 Org x Rp. 150.000,-) = 300.000,-
Lainnya/Cadangan = 151.600,-
Jumlah II = 4.081.600,-
TOTAL (Jumlah I + Jumlah II) = 6.461.600,-
...................., ... Maret 20....
Kepala SMPN-..................
.......................................
NIP.
BAB VI
P E N U T U P
P E N U T U P
A. Kesimpulan.
Program Kerja ini diharapakan memberikan nilai guna, terutama bagi kami selaku penyelenggara dan bagi seluruh pegawai pada umumnya yang berada di lingkugan SMP ............................
Bahwa sesungguhnya Program Kerja ini jauh dari harapan, namun “Tiada gading yang tak retak .” Itulah ungkapan klise orang-orang bijak. Dengan adanya Program Kerja ini paling tidak mudah-mudahan dapat memberikan arahan dan pedoman kinerja bagi pelaksanaan Ujian Sekolah di SMP .....................................
B. Kritik dan Saran
Agar pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di SMP ................t berhasil sebagaimana harapan, maka :
Program Kerja ini diharapakan memberikan nilai guna, terutama bagi kami selaku penyelenggara dan bagi seluruh pegawai pada umumnya yang berada di lingkugan SMP ............................
Bahwa sesungguhnya Program Kerja ini jauh dari harapan, namun “Tiada gading yang tak retak .” Itulah ungkapan klise orang-orang bijak. Dengan adanya Program Kerja ini paling tidak mudah-mudahan dapat memberikan arahan dan pedoman kinerja bagi pelaksanaan Ujian Sekolah di SMP .....................................
B. Kritik dan Saran
Agar pelaksanaan Ujian Sekolah (US) di SMP ................t berhasil sebagaimana harapan, maka :
- Semua anggota KKP memahami fungsi tugasnya masing-masing dan sesuai dengan rencana serta menyelesaiakan pekerjaan yang menjadi tugasnya serta tanggung jawabnya sesuai jadwal dan waktu.
- Seluruh personal baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung turut membantu kelancaran pelaksanaan Ujian Sekolah (US) Tahun Pelajaran 20.../20
- Saran, kritik serta koreksi sangat kami tunggu demi perbaikan pelaksanaan US yang sedang berlangsung maupun untuk pelaksanaan US mendatang.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
- Surat Edaran dari Disdik Kabupaten Garut Nomor : 420.71 471-Disdik tanggal 20 Pebruarti 2013 tentang Penyelenggaraan Ujian Sekolah (US).
- Surat Tugas Kepala SMPN................. No : 800/20/smp-3 Csp/20 tentang Pembagian Tugas Kelompok Kerja Panitia (KKP) dan Pengawas Ruang Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20...
- Jadwal Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Jadwal Mengawas Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Denah Tempat Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Denah Tempat Duduk Peserta Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Daftar Nama Peserta Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Daftar Hadir Peserta Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Daftar Hadir KKP Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Daftar Hadir Pengawas Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Rekapitulasi Kehadiran Peserta Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Tata Tertib Peserta Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Tata Tertib Pengawas Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Format Pengambilan dan Pengembalian Naskah Soal
- Rekapitulasi Nilai Hasil Latihan Ujian Nasional/Try Out
- Buku Monitoring Latihan Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
- Catatan Kejadian Penting Ujian Nasional/Try Out Tahun Pelajaran 20.../20..
Mudah-mudahan file ini sesuai dengan yang Bapak dan Ibu cari, sehingga pencarian Bapak dan Ibu cukup sampai di sini. Eh jangan lupa mohon edit, ya !!!!!
Lihat juga :
- Proposal Sekolah Yang Berkualitas
- Download Gratis Prposal RKB SD/MI, SMP/MTs, SMA, SMK, MA
- Proposal BlockGrant Program Revitalisasi KKG Ms Word
- Proposal HUT Pramuka
- Proposal Karyawisata/Studi Tour
0 Response to "Download Contoh Program Kerja Ujian Sekolah (US) SMP-MTs Berstandar Nasional"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung