Modul Lokakarya Materi untuk Sekolah Praktik yang Baik SD/MI
Modul lokakarya ini dikembangkan dengan dukungan penuh rakyat Amerika melalui United States Agency for International Development (USAID). Isi modul ini merupakan tanggung jawab konsorsium program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opprtunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS) dan tidak mencerminkan pandangan USAID atau pemerintah Amerika Serikat.
Membangun Pembiasaan Literasi
Aplikasi (120 menit)
Kegiatan I: Diskusi tentang Kegiatan Literasi
(30 menit)
(1) Fasilitator mengajak peserta untuk mendiskusikan keterampilan literasi beserta kegiatannya di kelompok masing-masing. Setiap kelompok harus menemukan kegiatan untuk keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Hasil diskusi dimasukkan ke dalam tabel. Contoh tabel dapat dilihat pada tayangan.
(2) Fasilitator meminta satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasilnya dan kelompok lain dapat memberikan komentar atau menambah informasi.
Kegiatan II: Diskusi Pembiasaan Berbahasa Lisan (30 menit)
Fasilitator menyampaikan informasi kepada peserta bahwa mereka akan melakukan kegiatan show and tell.
(1) Fasilitator meminta satu peserta untuk maju ke depan dan membawa satu jenis benda.
Peserta tersebut diminta untuk menggambarkan/mendeskripsikan benda yang dibawanya.
Fasilitator dapat membimbing peserta berbicara dengan pertanyaan berikut.
Modul lokakarya ini dikembangkan dengan dukungan penuh rakyat Amerika melalui United States Agency for International Development (USAID). Isi modul ini merupakan tanggung jawab konsorsium program USAID Prioritizing Reform, Innovation, and Opprtunities for Reaching Indonesia’s Teachers, Administrators, and Students (PRIORITAS) dan tidak mencerminkan pandangan USAID atau pemerintah Amerika Serikat.
Membangun Pembiasaan Literasi
Aplikasi (120 menit)
Kegiatan I: Diskusi tentang Kegiatan Literasi
(30 menit)
(1) Fasilitator mengajak peserta untuk mendiskusikan keterampilan literasi beserta kegiatannya di kelompok masing-masing. Setiap kelompok harus menemukan kegiatan untuk keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Hasil diskusi dimasukkan ke dalam tabel. Contoh tabel dapat dilihat pada tayangan.
(2) Fasilitator meminta satu perwakilan kelompok untuk membacakan hasilnya dan kelompok lain dapat memberikan komentar atau menambah informasi.
Kegiatan II: Diskusi Pembiasaan Berbahasa Lisan (30 menit)
Fasilitator menyampaikan informasi kepada peserta bahwa mereka akan melakukan kegiatan show and tell.
(1) Fasilitator meminta satu peserta untuk maju ke depan dan membawa satu jenis benda.
Peserta tersebut diminta untuk menggambarkan/mendeskripsikan benda yang dibawanya.
Fasilitator dapat membimbing peserta berbicara dengan pertanyaan berikut.
- Benda apa yang dibawa?
- Sejak kapan memiliki benda tersebut?
- Apa warna, bentuk, dan rasa (kalau ada) benda tersebut? Dst.
(2) Setelah peserta selesai mendeskripsikan benda yang dibawanya, fasilitator meminta satu atau dua orang untuk bertanya tentang benda tersebut.
(3) Fasilitator meminta dua peserta berikutnya untuk melakukan hal yang sama di depan kelas.
(4) Setelah kegiatan selesai, fasilitator kemudian mengajukan pertanyaan kepada peserta.
(3) Fasilitator meminta dua peserta berikutnya untuk melakukan hal yang sama di depan kelas.
(4) Setelah kegiatan selesai, fasilitator kemudian mengajukan pertanyaan kepada peserta.
- Apa tujuan kegiatan tersebut?
- Keterampilan apa yang sedang dikembangkan?
- Kapan guru dapat melakukan kegiatan tersebut?
- Apa yang harus diperhatikan saat melakukan kegiatan tersebut?
- Pengembangan apa yang dapat dilakukan untuk kegiatan tersebut?
(5) Fasilitator meminta perwakilan satu kelompok untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. Kelompok lain dapat memberikan komentar.
(6) Fasilitator menyampaikan kepada peserta bahwa kegiatan tersebut dapat mengembangkan keterampilan siswa dalam berbahasa lisan, mengembangkan penguasaan kosa kata, mengembangkan keterampilan menyimak, dan melatih percaya diri siswa saat berbicara di depan umum.
(6) Fasilitator menyampaikan kepada peserta bahwa kegiatan tersebut dapat mengembangkan keterampilan siswa dalam berbahasa lisan, mengembangkan penguasaan kosa kata, mengembangkan keterampilan menyimak, dan melatih percaya diri siswa saat berbicara di depan umum.
Unduh Modulnya di bawah ini.
Semoga bermanfaat. Amin
Salam librarypendidikan
0 Response to "Modul Lokakarya Materi untuk Sekolah Praktik yang Baik SD/MI"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung