Inilah Kumpulan Template PPT PowerPoint Keren Untuk Pembelajaran

Inilah Kumpulan Template PPT PowerPoint Keren-Salam pendidikan kami sampaikan tidak lain hanyalah untuk penyemangat dalam menjalankan sebuah pekerjaan, apalagi pekerjaan kita sebagai pekerjaan profesi yang mulia yaitu menjadi seorang guru yang pasti digugu dan ditiru oleh anak didiknya, mudah-mudahan pekerjaan kita merupakan pekerjaan yang merupakan panggilan jiwa dari lubuk hati yang paling dalam. 
www.librarypendidikan.com menilik bahwa guru pasti digugu dan ditiru oleh anak didiknya, maka dalam PBM juga haruslah menarik jangan monoton, haruslah berdedikatif, kreatif, dan inovatif.
Maka dari itu www.librarypendidikan.com menampilkan sekaligus untuk dimiliki oleh Bapak/Ibu Guru sebagai pendidik yaitu "Kumpulan Template PPT PowerPoint Keren" dengan tujuan supaya anak dalam proses pembelajaran antusias sehingga tujuan yang telah ditentukan tercapai.
Inilah sedikit tentang template yang dikutif dari sumber yang dapat dipercaya.
Pengertian Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.

1. PENGERTIAN TEMPLATE
Design Template adalah jenis presentasi yang sudah dilengkapi pilihan gambar latarbelakang dan tempat penulisan isi slide, user hanya tinggal mengisi format yang telah disiapkan.
Memanfaatkan tema presentasi bawaan MS PowerPoint menjadi salah satu solusi yang efisien menyajikan bahan presentasi secara apik, mengingat kita tinggal memasangkan pada file presentasi kita. Namun demikian, tema bawaan bersifat seragam untuk semua orang yang menggunakan tema serupa. Keunikan menjadi penciri khas manakala kita hendak membawa ‘nama’ intitusi –misalnya, sebagai bagian presentasi kita. Untuk itu, kita dapat merancang tema presentasi yang unik berpenciri spesifik sesuai kebutuhan kita.

2. MEMASANG DESAIN TEMPLATE YANG SUDAH TERSEDIA DI MS. POWER POINT 2007
Mungkin dengan cara ini kita bisa memasang desain tema presentasi pada menu Design pada MS Power Point 2007 agar dapat digunakan dengan sekali klik tanpa harus membuka file tema presentasi secara berulang. Tema kita akan terpampang sejajar dengan tema-tema presentasi yang lain pada menu Design.
Bahan:
a. File tema presentasi *.potx
b. Pastikan kita mengetahui lokasi penyimpanan file tersebut.
Cara memasang:
1) Buka MS Power Point 2007
2) Pilih menu Design, lebarkan menu desain dengan menekan tombol panah bawah di sisi kanan bawah tampilan tema presentasi

1. Pilih opsi Browse for Themes…
2. Pada jendela dialog Choose Theme or Themed Document, arahkan ke lokasi file tema presentasi rancangan kita –misal Madu.potx, klik Apply
3. Tema presentasi akan diterapkan pada presentasi yang sedang kita siapkan. Sampai saat ini sebenarnya kita sudah berhasil menerapkan tema rancangan sendiri pada tampilan presentasi kita
4. Untuk menyimpan tema kita agar terpampang pada deretan tema presentasi pada menu Design, (sekali lagi) lebarkan menu desain dengan menekan tombol panah bawah di sisi kanan bawah tampilan tema presentasi
5. Pilih opsi Save Current Theme…
6. Isikan nama tema yang kita kehendaki –misalnya Madu.thmx, klik Save
7. Tra ta taaa… tema kita telah terpampang pada deretan tema presentasi pada menu Design; dengan demikian kita dapat menerapkan tema tersebut pada materi presentasi di lain kesempatan dengan hanya sekali klik.

3. MEMBUAT TAMPLAE MS. POWER POINT SENDIRI
Sudah kita ketahui bahwa salah satu trik untuk mempercantik presentasi yang akan ditayangkan adalah dengan menggunakan template yang menarik. Template Power point dapat kita buat sendiri dengan background dan tulisan yang sudah kita set sejak awal
Nah bagaimana membuat template versi kita sendiri. Silakan simak langkah-langkahnya, namun sebelumnya hal yang dapat kita ambil adalah untuk membuat template kita tidak perlu membuat dari awal, namun kita dapat memodifikasi dari template yang sudah ada.
a. Langkah pertama adalah buka power point anda
b. Selanjutnya terapkan salah satu template dengan cara klik format dan Slide Design
c. Selanjutnya akan muncul daftar Design template yang siap kita gunakan
d. Misal dipilih pixel.pot (ekstensi template power point adalah pot),
e. Langkah selanjutnya adalah lakukan modifikasi caranya dengan klik view kemudian master kemudian slide master
f. Maka anda akan diperlihatkan konstruksi templatenya. Biasanya Konstruksi template terdiri atas dua bagian yaitu template depan dan template content, ada pula yang menyertakan template transisional, namun jarang.
g. Nah anda selanjutnya dapat mengganti warna atau tulisan
h. Jika sudah selesai, klik close Master View
i. Jika anda menambahkan tulisan maka tulisan tersebut akan muncul setiap anda menambahkan page.
j. Jika sudah mantab dengan design template baru anda, selanjutnya cukup lakukan Save to template, agar selanjutnya design template anda dapat tersaji dengan template-template lain tanpa harus mendesign lagi.
Buat temen2 yang selama ini nggak puas ama Design Template yang disediakan ama Power Point saat kita mau bikin presentasi, benernya kita bisa bikin Design Template sendiri semau kita, langkahnya gampang & sederhana:
a) Buatlah ‘MASTER Design Template’
buka New File…terus…………………….”View” –> “Master” –> “Slide Master”
b) Design lah “Design SLIDE Master” dan “Design TITLE Master”
Tentukan semua format dan posisi teks-nya
Lebih bagus jika menggunakan Photo/Gambar, maka….Insert –> File (sebaiknya gambar background untuk design template kita sengaja sudah kita bikin pake Photoshop, jika tidak ambil aja photo2 yang bagus dan sesuai topik presentasi kita ….terus jangan lupa “Compress” photo/gambar tersebut dengan mengklik tombol Compress di tool Toolbar ‘Picture’
c) “Save as” file sebagai DESIGN TEMPLATE

Nah kita kita udah punya File Design Template sendiri siap digunakan berkali-kali…
Template tidak di gunakan pada Microsoft power point saja tetapi template dapat membantu kita dalam membuat desain halaman web yang konsisten. Menggunakan template memudahkan dalam me-maintain situs web kita. Karena template mempercepat waktu dalam mendesain ulang suatu situs, juga sekaligus merubahnya dalam waktu hitungan detik halaman yang sampai ratusan jumlahnya.

4. CONTOH KASUS
Kita mempunyai situs berita. Banyak halaman mempunyai struktur desain yang sama, tetapi judul dan isi selalu berganti sesuai dengan topik berita. Saat kita membuat template dan menggunakannya pada satu halaman web, struktur desain akan tidak bisa di edit, tetapi judul dan isi dapat kita rubah. Ini telah kita definisikan sebelumnya di template.
Kemudian kita ingin merubah struktur disain. Tentunya dengan cara manual kita harus mengedit satu per satu halaman html yang mempunyai struktur desain yang sama. Ini akan memakan waktu lama bila halaman berjumlah ratusan. Tetapi dengan template, kita hanya perlu merubah satu file template-nya saja kemudian secara otomatis halaman yang jumlahnya ratusan itu akan berubah mengikuti template.

MEMBUAT FILE TEMPLATE
1. kita harus menggunakan site management untuk menggunakan template ini, lihat tutorial untuk membuat site management.
2. Create halaman HTML baru dan akan muncul halaman putih kosong.
3. Designlah struktur halaman template anda di situ.
4. Setelah jadi, kita akan menentukan daerah yang bisa di edit. Dan ini biasanya daerah content yang selalu berubah.
5. Select/Hilite daerah content anda kemudian pilih Modify -> Template -> New Editable Region. Dan anda akan ditanya judul editable area ini, kemudian klik OK.
6. Setelah selesai menentukan daerah yang bisa di edit ( content ). Simpan file template anda. Pilih Save as template ... ( contoh : main.dwt ). Dreamweaver akan membuat direktory Templates pada site management untuk menempatkan file "main.dwt" tersebut.

MENGGUNAKAN FILE TEMPLATE
1. Untuk menggunakan template, Create halaman HTML baru. Maka halaman putih kosong akan muncul.
2. Pilih Window -> Template . Di situ akan terlihat file "main". Klik "main" dan Apply. Maka halaman yang tadinya kosong akan berubah menjadi file template yg telah anda buat.
Save menjadi file html baru, misalkan "berita1.htm". Kemudian isi daerah editable "content" dengan teks atau image apa saja. Seterusnya buat "berita2.htm"

MENGEDIT FILE TEMPLATE
1. Pilih Window -> Template. Klik dua kali file "main"
2. Maka akan muncul design template kita, rubahlah sesukanya design template anda.
Setelah itu save file template anda dan dreamweaver secara otomatis akan merubah seluruh design dari berita1.htm dan berita2.htm.
Sumber : http://dian-withallohwecan.blogspot.co.id
Paparan di atas untuk window 7 untuk window yang lain silahkan cari diartikel yang lain.

Semoga bermanfaat. Amin

Baik "Inilah Kumpulan Template PPT PowerPoint Keren" yang perlu Bapak/Ibu miliki dalam format Win Rar.

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Inilah Kumpulan Template PPT PowerPoint Keren Untuk Pembelajaran"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung