Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat RPP secara lengkapnya Perangkat Pembelajaran, merupakan pekerjaan seorang guru termasuk kepala sekolah, mengapa kepala seolah? Kepala Sekolah merupakan tugas tambahan tetap yang menjadi pokoknya itu adalah sebagai pendidik. Oleh karena itu setiap guru apabila akan melaksanakan tugasnya dalam memberikan materi kepada peserta didiknya terlebih dahulu guru tersebut harus menyusun RPP. Dalam melaksanakan profesinya seorang guru wajib mempunyai Perangkat Pembelajaran, tanpa Perangkat Pembelajaran maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai
Dengan adanya contoh Perangkat Pembelajaran yang akan sajikan mudah-mudahan membantu Bapak/Ibu guru mendapatkan gambaran tentang Perangkat Pembelajaran yang lengkap, mengapa tengkap karena Perangkat Pembelajaran ini memuat semua kompnen mulai dari Silabus, RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, dan LKS, dan Penilaian, termasuk bahan ajar/materi, dan lengkap dengan kisi-kisi penilaian, karena RPP yang biasa dipergunakan jarang ada memuat kisi-kisi.
Contoh Perangkat Pembelajaran pernah saya gunakan ketika PLPG dan Kegiatan OJL sebagai calon Kepala Sekolah, dan hasilnya alhamdulilah tidak mengecewakan.
SILABUS
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas/Semester : VI/II
Standar
Kompetensi : Bilangan
Melakukan operasi hitung pada pecahan
dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
Mengubah bentuk pecahan ke bantuk desimal
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber Belajar
|
Operasi Hitung Pecahan
|
1.
Siswa dapat menyebutkan pembilang, penyebut pada bilangan
pecahan
2.
Siswa dapat mengubah bilangan pecahan biasa ke dalam
bentuk decimal
|
-
Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal
|
Prosedur :
-
Tes Awal
-
Tes Proses
-
Tes Akhir
Jenis Tes :
-
Lisan
-
Tulisan
|
1 x 35 menit
|
-
Kurikulum KTSP Kls VI
-
Buku Matematika Kls VI hal 94-95
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SDN. Karyamukti 01
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/II
Pertemuan : 1
Alokasi
Waktu : 1 x 35 menit
I.
|
Standar Kompetensi
|
||
Bilangan
|
|||
5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan
masalah
|
|||
II.
|
Kompetensi Dasar
|
||
Mengubah bentuk
pecahan ke bentuk desimal
|
|||
III.
|
Indikator
|
||
-
|
Menyebutkan
pembilang dan penyebut pada bilangan pecahan (kognitif)
|
||
-
|
Menjelaskan cara
mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk desimal (proses)
|
||
-
|
Berlatih mengubah
pecahan biasa ke bentuk desimal (psikomotor)
|
||
Apektif :
|
|||
a.
|
Mengembangkan
berprilaku berkarakter meliputi : teliti, tanggung jawab, kerjasama dan
terbuka
|
||
b.
|
Menunjukan
kemampuan keterampilan sosial meliputi : bertanya, menjadi pendengar yang
baik.
|
||
IV.
|
Tujuan Pembelajaran
|
||
Kognitif
|
|||
-
|
Proses
|
||
1.
|
Menyebutkan
pembilang dan penyebut pada bilangan pecahan
|
||
2.
|
Mengubah pecahan
biasa ke dalam bentuk desimal
|
||
-
|
Psikomotor
|
||
Siswa berlatih
mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk bilangan desimal
|
|||
Apektif
|
|||
a.
|
Karakter
|
||
Selama proses
pembelajaran, siswa terlibat dan dapat menunjukan dalam berprilaku
berkarakter, meliputi : teliti, tanggung jawab, bekerjasama dan terbuka
|
|||
b.
|
Keterampilan Sosial
|
||
Selama proses
pembelajaran, siswa terlibat dan dapat menunjukan kemampuan dalam
keterampilan sosial, meliputi : bertanya, kerjasama dalam diskusi, mengerjakan
LKS.
|
|||
V.
|
Materi
Pembelajaran
|
||
Operasi Hitung Pecahan
|
|||
5.2
|
Mengubah pecahan biasa ke
bentuk desimal
|
||
Contoh : mengubah ke bentuk desimal
|
1/2 = 0,5 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1/4 = 0,25 | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| B |
Standar Kompetensi
|
||||
Bilangan
|
||||
5. Melakukan
operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
|
||||
Kompetensi Dasar
|
||||
5.2 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal
|
||||
Indikator
|
||||
Mengubah pecahan
biasa kebentuk desimal
|
||||
Dengan media berupa
benda konkrit, contohnya dengan buah apel.
|
||||
lima buah apel dibagikan kepada empat
anak dengan sama banyak.
Apel
b diberikan kepada anak b
Apel
c diberikan kepada anak c
Apel
d diberikan kepada anak d
Hanya
apel e belum dibagikan ke empat anak tersebut.
Maka
apel e harus dibelah sama besar supaya ke empat anak tersebut mendapat apel
sama banyak.
Jadi
|
||||
Bisa saja dengan
contoh/ilustrasi 2 seperti di bawah ini.
|
Contoh 1/ilustrasi :
2.
Mengubah pecahan
ke bentuk desimal
|
1,25
|
||||||||
5
dibagi 4 menghasilkan 1 sisa 1
|
||||||||
( 1 x
4 )
|
10
dibagi 4 menghasilkan 2 sisa 2
|
|||||||
( 2 x
4 )
|
20
dibagi 4 menghasilkan 5 sisa 0
|
|||||||
( 5 x
4 )
|
||||||||
Jadi
|
= 1,25
|
|||||||
Cara Kerja
Cara menggunkan
media pada saat pembelajaran, guru melakukan langkah-langkah sebagai berikut
:
|
||||||||
1.
|
Guru menjelaskan
mengubah bilangan pecahan biasa ke dalam bentuk desimal dengan menggukan media
yang telah dibuat.
|
|||||||
2.
|
Siswa mewakili
teman yang lain ke depan mengisi, mengubah pecahan biasa ke dalam bentuk
desimal yang terdapat pada media tersebut.
|
|||||||
3.
|
||||||||
4.
|
Dengan bimbingan
guru, siswa menyimpulkan hasil pelajaran
|
|||||||
Sumber
Buku Matematika Kelas VI
Halaman : 94 s.d 95
Karangan : YD. SUMANTO
Karangan : HENI KUSUMAWATI
Karangan : NUR AKSIN
Pusat Pembukuan Departemen
Pendidikan Nasional
|
||||||||
............., .............
|
|
Mengetahui
|
Guru Kelas
|
Kepala Sekolah
|
|
.........................
|
.......................
|
NIP. ...................
|
0 Response to "DOWNLOAD CONTOH RPP ATAU PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK PRAKTEK PEER TEACHING"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung