Contoh Kurikulum 2013 TP 2016-2017

Secara umum kurikulum merupakan perangkat pembelajaran juga program pendidikan yang diberikan oleh penyelengara satuan pendidikan yang berisi rancangan pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu jenjang suatu pendidikan.
Sedangkan Kurikulum 2013 atau (K-13) merupakan pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006. K-13 ini sudah berlaku di Indonesia kisaran 6 tahun.
Kurikulum 2013 menekankan aspek apektif yaitu perubahan perilakku dan Kompetensi yang ingin dicapai adalah kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan, disamping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan.
Pendekatan Pembelajarannya
Kurikulum 2013 untuk SD, bersifat tematik integratif dantingkat SMP & SMA (Kompetensi dikembangkan melalui: Mata pelajaran); sedangkan tingkat SMK (Kompetensi dikembangkan melalui: vokasional). Semua mata pelajaran menggunakan diajarkan dengan pendekatan yang sama yaitu menggunakan pendekatain saintifik, yang menggunakan 5 M : Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Menalar dan Mengkomunikasikan.

Penilaian K-13
Cakupan Penilaian Menurut Kurikulum2013
Di dalam Kurikulum 2013, kompetensi inti (KI) dirumuskan menjadi 4 bagian yaitu:
  1. KI-1: kompetensi inti sikap spiritual.
  2. KI-2: kompetensi inti sikap sosial.
  3. KI-3: kompetensi inti pengetahuan.
  4. KI-4: kompetensi inti keterampilan.
Pada tiap materi pokok tertentu akan terdapat rumusan KD untuk masing-masing aspek KI. Jadi, pada suatu materi pokok tertentu, akan selalu muncul 4 KD sebagai berikut:
  1. KD pada KI-1: aspek sikap spiritual (untuk matapelajaran tertentu bersifat generik, artinya berlaku untuk seluruh materi pokok).
  2. KD pada KI-2: aspek sikap sosial (untuk matapelajaran tertentu bersifat relatif generik, namun beberapa materi pokok tertentu ada KD pada KI-3 yang berbeda dengan KD lain pada KI-2).
  3. KD pada KI-3: aspek pengetahuan
  4. KD pada KI-4: aspek keterampilan
 Sebagai contoh silahkan download secara gratis Kurikulum 2013 untuk tingkat SD/MI di bawah ini.

DOWNLOAD DISINI >>> CONTOH KURIKULUM 2013 SD
Semoga bermanfaat. Amin


Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Contoh Kurikulum 2013 TP 2016-2017"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung