Bukber-Buka Bersama

Ibu-ibu Menjelang Bukber di Pantai
Bukber di Fafehotel Garut ketika Bimtek Guru PB
Pada bulan Ramadhan ini, banyak ibu yang menyebut anggaran pengeluaran membengkak, bukan hanya untuk menyambut lebaran saja, atau sajian menu untuk saat sahur dan menjelang buka. Namun banyak kegiatan lain yang ada kaitannya dengan kegiatan bulan puasa, diantaranya BUKBER.
Istilah "Bukber" atau buka bersama-sama bersama teman, keluarga, atau komunitas dengan mengambil lokasi tertentu yang telah disepakati, baik di pantai, hotel, dll. Ajang sosialisasi yang seru saat Ramadhan adalah bukber.
Bukan sekedar bukber karena biasanya dilakukan di tempat yang spesial, seperti pantai, hotel, ada pula di rumah tempat tinggal.
Penyegaran Suasana
Bagi kalangan ibu-ibu pada gambar di atas, bukber merupakan ajang silaturahmi diantara keluarga, kalau buber di hotel juga merupakan penyegaran suasana dan seru-seruan biar suasana lebih meriah dan santapannya juga spesial.
Bukber juga sebagai sarana tukar pendapat soal pendidikan anak, busana, masakan, sampai soal kepribadian, juga untuk melatih tenggang rasa, misalnya antre saat mengambil makanan, memilih tempat duduk, antre ambil wudlu, dan antre ambil posisi shaf untuk salat.    
Undang Relasi
Untuk anggaran bulan puasa memang membengkak, pembengkakan anggaran puasa biasanya untuk menu buka puasa, baik untuk anggota keluarga maupun mengundang relasi. Kalau bulan biasa lauk pauk cukup satu macam, tetapi kalau bulan puasa bisa dua bahkan sampai tiga macam, belum makanan ringan, buah-buahan, dan sebagainya. Bahkan persediaan dibutuhkan parsel untuk relasi saat bukber yang juga butuh biaya.
Tali Silaturahmi 
Psikolog Vera Itabiliana menyebut, bukber pada intinya adalah mempererat tali silaturahmi, dan mengandung banyak hikmah. Saat di meja makan menyantap makanan adalah momen kebersamaan. Jika biasanya saling sibuk sendiri, maka bukber bisa berkumpul bersama, Kata Vera. Karena itu, biasanya jam kerja pada bulan puasa dipercepat adalah langkah yang paling tepat supaya bisa berbuka bersama.
Hukmah yang lain adalah merasakan suasana lain diberbagai tempat dengan sesama saat bukber. Juga makanan yang disajikan enak dan menjadi favorit. Bisa juga berbuka puasa bersama anak yatim, ini juga memberikan hikmah yang besar dan syahdu, karena kita bisa melihat ekspresi fisikal dari kegembiraan anak-anak yatim, sehingga kita membuat rasa syukur kepada Allah SWT semakin besar.
Bukber juga memberikan hikmah tentang waktu yang bermanfaat, karena biasanya ada kegiatan yang positif menjelang berbuka. Sejali-kali menyelenggarakan bukber di masjid-masjid yang biasanya menyajikan ceramah yang menyejukan qalbu, dan memperkaya pengetahuan agama.
Bukber juga jadi ajang kangen dan silaturahmi. Memang bila ada dresscode, sebaiknya sesuaikan dengan acara buka puasa, siapa yang hadir dan tentukan lokasinya. Tampil cantik, ganteng, rapi, wangi, memang perlu apalagi bila betkumpul dengan satu geng/kelompok kesayangan. Ingat, ambilah makanan seperlunya, sesuaikan dengan kondisi kita, jangan melakukan tindakan mubazir.

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Bukber-Buka Bersama "

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung