himbauan mui selama bulan suci ramadhan

Umat muslim seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa wajib selama satu bulan penuh yaitu puasa bulan Ramadahan 1437 H / 2016 M, termasuk Indonesia yang merupakan jumlah penduduknya kebanyakan beragama islam.
Pengertian
Puasa wajib ramadhan adalah puasa dengan hukum wajib 'ain yang harus dilakukan oleh setiap orang islam beriman di bulan ramadan yang telah dewasa (akil balig), waras, mampu, merdeka dan tidak dalam safar. 
Puasa merupakan ibadah wajib yang ada dalam rukun islam dengan menahan lapar dan haus serta hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar di timur hingga terbenam matahari di barat. Orang yang melanggar aturan puasa akan batal puasanya dan wajib mengganti puasanya dengan hari lain di luar romadhan.
Sebelum melaksanakan ibadah puasa selama bulan suci ramadhan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Himbauan Ramadhan dengan tujuan supaya ibahah puasanya tertib, aman dan lancar.
Inilah kutipan Hibauan MUI Selama Bulan Suci Ramadhan 1437 H / 2016 M
Dalam menyambut dan mengisi serta menjaga kesucian Bulan Ramadhan 1437 H / 2016 M. Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI), dengan ini menghimbau kepada semua pihak untuk dapat orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa serta semaksimal mungkin memanfaatkan momentum bulan yang penuh berkah ini dengan :
1. 
Tidak melakukan perbuatan-perbuatan tercela seperti judi, mabuk Alkohol/Narkoba, makan/minum/meroko di siang hari, mengeluarkan kata-kata kotor, membuat keributan, serta melakukan tindakan yang akan memancing emosi orang lain.
2.


Tidak membuat, mengedarkan/menjual, menyalakan barang-barang yang bisa menimbulkan suara keras seperti : Petasan, mercon, dan lain-lain.
3.
Meningkatkan kewaspadaan, dan menjaga keamanan dan ketertiban, mengingat tingkat kerawanan yang terjadi dewasa ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
4.
(Bagi para pemilik warung nasi), agar tidak membuka aktifitas pelayanan kepada konsumen secara terbuka di siang hari.
5.
Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan Positif  di masjid dalam rangka Pembinaan Generasi Muda seperti : Pesantren Kilat, Kuliah subuh, Kuliah tujuh menit, dan Memakmurkan masjid dengan Memperbanyak amalan membaca Al-Qur'an (Tadarus A-Qur'an, sholat Taraweh, I'tikaf, memperbanyak Zakat/Infak/Shodaqoh serta amalan lain yang dianggap baik.

Demikianlah kutifan Himbauan Ramadhan yang didapat dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut Provinsi Bawa Barat pada tanggal 1 Juni 2016.

Selengkapnya tentang Himbauan Ramadhan 1437 H / 2016 M, yang saya peroleh dari MUI Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut dapat di download secara gratis pada link di bawah ini.
DOWNLOAD CONTOH HIMBAUAN BULAN RAMADHAN>>> DISINI

Semoga amal ibadah puasa bulan ramadhan ini dapat diterima oleh Allah SWT. Amin

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "himbauan mui selama bulan suci ramadhan"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung