Download Soal Latihan PTS/UTS Fisika SMA Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013

PTS atau Penilaian Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 siap akan dilaksanakan, maka dari itu persiapkanlah diri kalian semua, dengan tujuan agar pada waktu mengerjakan soal sudah siap dan hasilnya akan mendapatkan nilai yang bagus sesuai harapan.

Pelaksanaan nilai hasil belajar pada proses pembelajaran bertujuan untuk :

  1. Mengetahui kemajuan belajar siswa, baik sebagai individu maupun anggota kelompok/kelas setelah ia mengikuti pendidikan dan pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
  2. Mengetahui tingkat efektifitas dan efisiensi berbagai komponen pembelajaran yang dipergunakan guru dalam jangka waktu tertentu. Komponen pembelajaran itu misalnya menyangkut perumusan materi pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran, media, sumber belajar, dan rancangan sistem penilaian yang dipilih.
  3. Menentukan tindak lanjut pembelajaran bagi siswa, dan
  4. Membantu siswa untuk memilih sekolah, pekerjaan, dan jabatan yang sesuai dengan bakat, minat, perhatian, dan kemampuannya.

Dari tujuan tersebut, menunjukkan bahwa penilaian hasil belajar pada dasarnya tidak hanya sekedar mengevaluasi siswa, tetapi juga seluruh komponen proses pembelajaran, seperti guru, Tujuan belajar pada Penilaian Tengah Semester Ganjil ini diharapkan :

  1. Dapat menjelaskan tujuan penilaian hasil belajar;
  2. Dapat menyebutkan fungsi penilaian hasil belajar metode, dan media pembelajaran. 

Karena kegiatan pembelajaran tidak semata-mata diorientasikan kepada siswa, tetapi merupakan system yang melibatkan semua komponen pembelajaran yang akan digunakan untuk perbaikan bidang pengajaran dan hasil belajar, fungsi diagnosis dan usaha perbaikan, fungsi penempatan dan seleksi, fungsi bimbingan dan penyuluhan, perbaikan kurikulum, dan penilaian kelembagaan. Tujuan pembelajaran pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku pada diri siswa. Oleh sebab itu dalam penilaian hendaknya diperiksa sejauh mana perubahan tingkah laku siswa telah terjadi melalui proses belajarnya.

Dengan mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran, dapat diambil tindakan perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan siswa yang bersangkutan. Dengan perkataan lain, hasil penilaian tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui tercapai tidaknya perubahan tingkah laku siswa, tetapi juga sebagai umpan balik bagi upaya memperbaiki proses pembelajaran. Dalam penilaian ini dilihat sejauh mana keefektifan proses pebelajaran dalam mengupayakan perubahan tingkah laku siswa. Oleh sebab itu, penilaian hasil dan proses belajar saling berkaitan satu sama lain sebab hasil belajar yang dicapai siswa merupakan akibat dari proses pembelajaran yang ditempuhnya (pengalaman belajarnya). Sejalan dengan pengertian diatas maka penilaian berfungsi sebagai berikut:

  • Alat untuk mengetahui tercapai-tidaknya tujuan pembelajaran. Dengan fungsi ini maka penilaian harus mengacu pada rumusan-rumusan tujuan pembelajaran sebagai penjabaran dari kompetensi mata pelajaran
  • Umpan balik bagi perbaikan proses belajar-mengajar. Perbaikan mungkin dilakukan dalam hal tujuan pembelajaran, kegiatan atau pengalaman belajar siswa, strategi pembelajaran yang digunakan guru, media pembelajaran, dll.
  • Dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada para orang tuanya. Dalam laporan tersebut dikemukakan kemampuan dan kecakapan pelajar siswa dalam berbagai bidang studi atau mata pelajaran dalam bentuk nilai-nilai prestasi yang dicapainya.
Seperti halnya dalam kali ini admin menyajikan Soal PTS Semester 1 Mata Pelajaran Fisika Kelas XI SMA Kurikulum 2013, yang dapat dibaca di bawah ini.

Tersedia soal lainnya.
Soal dan Kunci Jawaban Sejarah SMA Kelas X Semesrer 1 - Link Disini
KISI-KISI UN SMP/SMPLB/PAKET B DAN C, SMA/SMALB/SMK TAHUN AJARAN 2018/2019 - Link Disini
Sebagai gambar silahkan lihat dan simak soat berikut.

Pilihlah jawaban a, b, c, d dan e yang menurut anda benar !
1. Besaran yang memiliki nilai dan arah adalah....
a. Besaran Pokok d. Besaran Skalar
b. Besaran Turunan e. Besaran Fisika
c. Besaran Vektor

2. Vektor dikatakan sama apabila....
a. arahnya sama d. arah berlawanan dan besarnya sama
b. besarnya sama e. arahnya sama dan besarnya berbeda
c. arah dan besarnya sama

3. Suatu benda dikatakan bergerak lurus berubah beraturan jika:
1. bergerak pada lintasan garis lurus
2. besar percepatan tergantung pada massa benda
3. percepatannya tetap
4. kecepatanya konstan
Pernyataan diatas yang benar adalah....
a. 1, 2 dan 3 d. 2, 3, 4
b. 1, 2, 3 dan 4 e. 2 dan 4
c. 1, 3, 4

4. Suatu benda dikatakan bergerak lurs beraturan jika
1. percepatanya tetap
2. kecepatanya selalu tetap
3. hanya bergerak pada lintasan vertikal
4. percepatanya nol
Pernyataan diatas yang benar adalah....
a. 1, 2, 3 d. 2, 3, dan 4
b. 1, 2, 3, 4 e. 2dan 4
c. 1, 3, 4

5. Perhatikan grafik dibawah ini
Yang berlaku untuk vektor satuan adalah....
a. 1 d. 4
b. 2 e. 5
c. 3

6. Mula-mula posisi sebuah mobil dinyatakan oleh vektor r1=(6i+8j)m. Berapa saat kemudian posisi mobil menjadi r2=(-4i+10j)m. Berapakah vektor perpindahan mobil....
a. -10i + 4j m d. -10i + 5j m
b. -10i - 4j m e. -10i - 5j m
c. -10i + 2j m

7. Posisi pada sebuah benda saat t=2s adalah r1=20i m dan pada saat t=4s posisi benda menjadi r2=10j m.
Berapakah kecepatan rata-rata benda selama perpindahan tersebut?
a. 10i + 5j m/s d. -10i + 5j m/s
b. 10i - 5j m/s e. -10i - 5j m/s
c. 10i + (-5)j m/s
8. Tentukan kecepatan sesaat sebuah mobil t=5s jika vektor posisinya setiap saat dinyatakan r=(2t)i +(5t)j m
adalah....
a. 10i + 25j m                   d. -25i - 10j m
b. 10i - 25j m                    e. -25i +10j m
c. -10i - 25j m
9. Sebuah batu bergerak dengan percepatan a = (-10j m/s2 . Kecepatan awal batu adalah 5i m/s2 . Jika batu dilepaskan pada posisi ro = 30j m maka posisi batu pada saat t = 1s adalah....
a. 5i m                    d. -5i + 25j m
b. 25i - 5j m           e. -5i - 25j m
c. 5i + 25j m

10. Benda jatuh bebas adalah....
1. kecepatan awal nol
2. percepatannya = percepatan gravitasi bumi
3. arah percepatanya ke pusat bumi
4. besar percepatan tergantung dari massa benda
Pernyataan diatas yang benar adalah....
a. 1, 2 dan 3          d. 2, 3, dan 4
b. 1, 2, 3 dan4       e. 2 dan 4
c. 1, 3 dan 4

11. Posisi benda gerak lurus beraturan dinyatakan dalam persamaan r =(4t)i +(4t-2)j m. Tentukan koordinat posisi benda pada saat t = 4s....
a. x6, y62                 d. x16, y40
b. x16, y60               e x16, y30.
c. x16, y50

12. Posisi benda gerak lurus berubah beraturan dinyatakan sebagai r =(2t2 +2t+2)i +(3t2 +t+5)j m. Tentukan titik koordinat posisi benda pada saat t = 2s....
a. x6, y9 d. x9, y14
b. x6, y19 e. x14, y19
c. x19, y6
13. Dari soal no 11 manakah grafik posisi benda terhadap waktu jika t =1s sampai t =5s adalah....
dst......
Selamat belajar dan Semoga Suskes.


Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Download Soal Latihan PTS/UTS Fisika SMA Kelas XI Semester 1 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung