Download Draf Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019 Lengkap dengan Materi Diklat Penguatan Kepala Sekolah

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Pembinaan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2019.

Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019 Lengkap dengan Materi Diklat Penguatan Kepala Sekolah, http://www.librarypendidikan.com/
Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019 Lengkap dengan Materi Diklat Penguatan Kepala Sekolah
Tim Penyusun :
  1. Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
  2. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan
  3. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Dikdasmen
  4. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pertanian, Cianjur
  5. Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah, Jawa Tengah
Diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Draf Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019, http://www.librarypendidikan.com/
Draf Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019
SAMBUTAN
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat menuntut kepala sekolah yang memiliki kompetensi manajerial yang kuat. Memasuki era industri 4.0, inovasi menjadi kunci paling utama yang diharapkan dari kepala sekolah dalam membentuk peserta didik memiliki kompetensi abad 21 yang mampu berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Peserta didik yang berkualitas merupakan keluaran (output) dari sistem persekolahan yang baik. Kepala sekolah menjadi actor utama yang mengelola masukan (input), proses, dan keluaran (output) dengan berpedoman pada standar nasional pendidikan (SNP).
Salah satu kebijakan prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah menyiapkan kepala sekolah yang kompeten dan mampu berpikir visioner dalam memimpin dan mengelola sekolahnya. Target utamanya adalah membangun tata kelola dan budaya mutu di sekolah yang berdaya saing tinggi.
Kepala sekolah sebagai pemimpin abad 21 harus mampu melihat peluang dan potensi yang ada dengan mengidentifikasi masalah di sekolahnya sebagai dasar pengembangan sekolah. Kepala sekolah juga harus mampu mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan di sekolah baik guru, tenaga kependidikan, maupun orangtua untuk bersama-sama mewujudkan pendidikan yang dinamis sesuai dengan perkembangan industry 4.0. Kepala sekolah harus memberikan dukungan semangat dan penghargaan kepada guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik yang telah mencapai hasil atas prestasi, inovasi, dan pencapaian lain yang membanggakan. Kepala sekolah dalam perannya sebagai supervisor harus mampu berperan sebagai pemimpin instruksional dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran abad 21 sesuai dengan konsep pendekatan keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah mengamanatkan bahwa guru calon Kepala Sekolah harus mengikuti Diklat Calon Kepala Sekolah dan mendapatkan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan sebagai salah satu persyaratan untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Sekolah. Bagi Kepala Sekolah yang sedang menduduki jabatan sebelum diterbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018, maka wajib mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah.
Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah diselenggarakan bertujuan untuk memantapkan wawasan, pengetahuan, sikap, nilai, dan keterampilan Kepala Sekolah agar mampu berpikir visioner dalam membangun tata kelola dan budaya mutu di sekolah yang berdaya saing tinggi.
Petunjuk pelaksanaan ini disusun untuk digunakan sebagai acuan kerja bagi semua unit unit kerja/instansi yang akan melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah pada semua jenjang pendidikan. Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tim penyusun dan berbagai pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi dalam penyelesaian petunjuk pelaksanaan ini. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi upaya yang kita lakukan 
Jakarta, 9 April 2019
Direktorat Jenderal
Tenaga Guru dan Kependidikan

Dr. Sipriano, M.Ed.
NIP. 19620816 199103 1 001

Tujuan :
Pelaksanaan ini disusun untuk digunakan sebagai acuan kerja bagi semua unit kerja / instansi yang akan melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Untuk semua jenjang pendidikan.

Sasaran :
Sasaran petunjuk pelaksanaan ini adalah instansi pembina dan/atau pelaksana Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah, yaitu:
  1. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan;
  2. Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah;
  3. Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) yang ditetapkan oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan;
  4. Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota;
  5. Satuan Pendidikan;
  6. Kepala Sekolah sebagai peserta diklat.
Ruang Lingkup :
Petunjuk Pelaksanaan ini memberikan informasi mengenai Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah yang meliputi Pendahuluan, Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah, Pelaksanaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah, Penjaminan Mutu, Sistem Informasi Manajemen (SIM) Diklat Tenaga Kependidikan, dan Penutup.
Silahkan download secara gratis pada link-link tautan berikut ini, yang bersumber dari beberapa website/blog (http://file.p4tktkplb.kemdikbud.go.id dan https://ainamulyana.blogspot.com/)
Please Download filenya di bawah ini.
Setelah selesai Diklat setiap Kepala Sekolah sebagai peserta Diklta Penguatan Kepala Sekolah akan menerima STTPL KS ( Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Latihan Kepala Sekolah), seperti di bawah ini.
Contoh Halaman depan STTPP, http://www.librarypendidikan.com/
Contoh Halaman depan STTPP
Kami rekomendasikan :
Kisi-Kisi Soal dan Kunci Jawaban UKKS (Uji Kompetensi Kepala Sekolah)
Download, Unduh Soal dan Kunci Jawaban UKKS (Uji Kompetensi Kepala Sekolah) format Microsoft Word 
MATERI DIKLAT 
untuk 
CALON KEPALA SEKOLAH DAN 
untuk 
PENGUATAN KEPALA SEKOLAH 
Inilah materi-materi yang dapat Bapak Ibu download secara gratis.

Demikian tentang materi diklat yang dapat admin tulis pada pagi ini. Semoga ada manfaatnta, dan admin ucapakan kepada yang akan, sedang melaksanakan Diklat Calon Kepala Sekolah, Penguatan Kepala Sekolah, Selamat belajar dan semoga lancar dan semoga sukses. Amiin
Sekian dan terima kasih.

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Download Draf Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019 Lengkap dengan Materi Diklat Penguatan Kepala Sekolah"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung