Bagi sekolah akan mendapatkan kesulitan untuk menerima banyak peserta didik apabila serba kekurangan menurut hasil penilaian assesor. Karena dengan banyaknya siswa atau peserta didik akan mempengaruhi demi keberlangsungannya suatu prises pembelajaran di satuan pendidikan tersebut. Berkaitan dengan yang admin bahas yaitu tentang Standar Penilaian Pendidikan yaitu standar pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil siswa / peserta didik. Penilai dalam sebuah pendidikan formal adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan perolehan hasil belajar siswa / peserta dididk.
Bukti Fisik Standar Penilaian Untuk Memenuhi Akreditasi Satuan Pendidikan Tingkat SD/MI |
Soheh
Penilaian berdasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang terukur
Objektif
Sebuah penilaian harus berdasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas dan tidak terpengaruhi oleh subyetivitas penilai
Adil
Sebuah penilaian tidak merugikan atau menguntungkan salah satu peserta didik karena berkebutuhan khusus, juga tidak melihat latar belakang perbedaan latar, misalnya perbedaan agama, suku, tradisi, adat istiadat, kebiasaan suatu daerah, status sosial ekonimi dan gender.
Terpadu
Sebuah hasil penilaian peserta didik / siswa merupakan salah satu komponen yang tidak dapat terpisahkan dari proses pembelajaran atau proses kegiatan belajar mengajar.
Tebuka
Semua hasil penilaian harus dapat dimengerti, dipahami serta diterima oleh yang berkepentingan yaitu berdasarkan dari prosedur penilaian, sesuai dengan kriteria penilaian, dan dasar dari hasil keputusan yang benar dari seorang penilai atau guru.
Menyeluruh & Berkesinambungan
Ini merupakan penilaian dari pendidik/guru harus mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik, metoda, media yang sesuai, ini dilakukan oleh penilai atau pemantau untuk perkembangan peserta didik.
Sistematis
Penilaian dilakukan secara bertahap, terencana dengan sesuai aturan yang baku.
Beracuan pada Kriteria
Penilaian yang dilakukan dan dihasilkan oleh siswa atau peserta didik berdasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang telah ditentukan.
Akuntabel
Sebuah hasil penilaian dapat dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknis, prosedur, termasuk hasilnya.
Standar Penilaian yang dilakukan oleh pemerintah untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu sesuai dengan bidang studi yang du UN kan.
Tetapi yang dinilai pada waktu Visitasi oleh Asesor untuk mendapatkan pengakuan dari pemerintah dengan sebuta Akreditasi Sekolah, implementasinya yaitu adanya keputusan dari pihak BANS/M maupun pengakuan dari masyarakat yang ada di lingkungan sekitar.
Standar Penilaian ini merupakan urutan point ke VIII (8), yang dapat dilihat pada susunan di bawah ini.
BUKTI FISIK AKREDITASI SD/MI
VIII. STANDAR PENILAIAN
Lihat selengkapnya berikut ini.
107. Buku Bank Soal dan Buku Ksi-Kisi, Instrumen Penilain Rubrik, Buku KKM, dan Porofolio Siswa
108. Berita Acara, Undangan, Daftar Hadir tentang Penyusunan KKM.
109. Portofolio Siswa, Daftar Nilai, Buku Mandiri, Asesor wawancara dengan para guru dan siswa tentang penilaian.
110. Analisis Butir Soal, Daftar Nilai, Buku Remedial dan Pengayaan.
111. RPP, Kisi-Kisi dan Bank Soal, Buku Mandiri, Portofolio, Pedoman Penskoran, Asesor wawancara dengan guru tentang sikap.
112. RPP, Kisi-Kisi dan Bank Soal, Buku Mandiri, Portofolio, Pedoman Penskoran, Asesor wawancara dengan guru tentang pengetahuan.
113. RPP, Kisi-Kisi dan Bank Soal, Buku Mandiri, Portofolio, Pedoman Penskoran, Asesor wawancara dengan guru tentang keterampilan.
114. Daftar Nilai Kepribadaian (Sikap), Asesor wawancara dengan guru dan siswa tentang sikap.
115. Daftar Nilai tentang Pengetahuan, Asesor wawancara dengan guru tentang pengetahuan
116. Daftar nilai tentang Keterampilan, Asesor wawancara dengan guru dan siswa tentang keterampilan.
117. Daftar Nilai (Harian), Rekap Nilai Akhir Tahun, Rekap Nilai Ujian Sekolah.
118. Berita Acara \, Undangan, Daftar Nilai, SK Kepala Sekolah tentang Sekolah.
119. Program Ujian, Kisi-Kisi, Instrumen dan Pedoman Penilaian, Anaisis Butir Soal, Daftar Nilai, SKL, Laporan Rekap Nilai Ujian, Pemanfaatan Nilai (Remedial/Pengayaan)
Agar mudah dalam mengecek apakah sudah ada atau belum ada. Admin telah membuat Standar Penilain ini dalam sebuah tabel yang telah tersusun rapih, seperti berikut ini.
BUKTI FISIK
AKREDITASI SD/MI
VIII. STANDAR PENILAIAN
|
|||
NO.
URUT
|
BUKTI
FISIK YANG HARUS ADA
|
YA
|
TIDAK
|
107.
|
Buku
Bank Soal dan Buku Ksi-Kisi
|
||
Instrumen
Penilain Rubrik
|
|||
Buku
KKM
|
|||
Porofolio
Siswa
|
|||
108.
|
Berita
Acara, Undangan, Daftar Hadir tentang Penyusunan KKM
|
||
109.
|
Portofolio
Siswa
|
||
Daftar
Nilai
|
|||
Buku
Mandiri
|
|||
Asesor
wawancara dengan para guru dan siswa tentang penilaian
|
|||
110.
|
Analisis
Butir Soal
|
||
Daftar
Nilai
|
|||
Buku
Remedial dan Pengayaan
|
|||
111.
|
RPP
|
||
Kisi-Kisi
dan Bank Soal
|
|||
Buku
Mandiri
|
|||
Portofolio
|
|||
Pedoman
Penskoran
|
|||
Asesor
wawancara dengan guru tentang sikap
|
|||
112.
|
RPP,
|
||
Kisi-Kisi
dan Bank Soal
|
|||
Buku
Mandiri
|
|||
Portofolio
|
|||
Pedoman
Penskoran
|
|||
Asesor
wawancara dengan guru tentang pengetahuan
|
|||
113.
|
RPP
|
||
Kisi-Kisi
dan Bank Soal
|
|||
Buku
Mandiri
|
|||
Portofolio
|
|||
Pedoman
Penskoran
|
|||
Asesor
wawancara dengan guru tentang keterampilan
|
|||
114.
|
Daftar
Nilai Kepribadaian (Sikap)
|
||
Asesor
wawancara dengan guru dan siswa tentang sikap
|
|||
115.
|
Daftar
Nilai tentang Pengetahuan
|
||
Asesor
wawancara dengan guru dan siswa tentang Pengetahuan
|
|||
116.
|
Daftar
nilai tentang Keterampilan
|
||
Asesor
wawancara dengan guru dan siswa tentang keterampilan
|
|||
117.
|
Daftar
Nilai (Harian)
|
||
Rekap
Nilai Akhir Tahun
|
|||
Rekap
Nilai Ujian Sekolah
|
|||
118.
|
Berita
Acara \, Undangan, Daftar Nilai, SK Kepala Sekolah tentang Sekolah
|
||
119.
|
Program
Ujian
|
||
Kisi-Kisi
|
|||
Instrumen
dan Pedoman Penilaian
|
|||
Anaisis
Butir Soal
|
|||
Daftar
Nilai
|
|||
SKL
|
|||
Laporan
Rekap Nilai Ujian
|
|||
Pemanfaatan
Nilai (Remedial/Pengayaan)
|
Bagi Bapai Ibu Guru yang memerlukan bukti fisik yang lainnya secara keseluruhan mulai dari tahap pertama sampai terkahir silahkan klik saja di bawah ini !
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ I. Standar Isi ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ II. Standar Proses ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ III. Standar Kompetensi Lulusan ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ IV. Standar PTK ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ V. Standar Sarana dan Pra Sarana ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ VI. Standar Pengelolaan ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ VII. Standar Pembiayaan ]
Demikianlah yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga Ibu dan Bapak Guru, Kepala Sekolah, termasuk Pengawas TK/SD dapat memanfaatkan file-file ini. Karena kami kira ini akan bermanfaat bagi satuan pendidikan terutama bagi tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Salam www.librarypendidikan.com
0 Response to "Bukti Fisik Standar Penilaian Untuk Memenuhi Akreditasi Satuan Pendidikan Tingkat SD/MI"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung