Bukti Fisik Standar Penilaian Untuk Memenuhi Akreditasi Satuan Pendidikan Tingkat SD/MI

Sebuah lembaga satuan pendidikan akan dinyatakan kredibel dan mendapatkan pengakuan terutama dari pemerintah khususnya Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dan Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah, BAN SM juga dari lingkungan masyarakat. Karena sebuah sekolah dengan terakreditasi Sangat Baik (A) akan mendapatkan antusias masyarakat untuk memasukan atau mendaftarkan putera puterinya ke sekolah yang dianggap lebih baik dari sekolah lainnya. Namun sebaliknya apabila sekolah tersebut kurang pasilitasnya termasuk sarpras dan lainnya, maka pihak orang tua wali siswa enggan menyekolahkan anak tercintanya kepada sekolah yang nilai akreditasinya di bawah standar misalnya dengan nilai Akreditasi C. Masyarakat akan melihat secara obyektif secara kenyataan dan memang akan terlihat secara kast mata apabila satuan pendidikan tersebut baik atau di bawah standar menurut BSNP.
Bagi sekolah akan mendapatkan kesulitan untuk menerima banyak peserta didik apabila serba kekurangan menurut hasil penilaian assesor. Karena dengan banyaknya siswa atau peserta didik akan mempengaruhi demi keberlangsungannya suatu prises pembelajaran di satuan pendidikan tersebut. Berkaitan dengan yang admin bahas yaitu tentang Standar Penilaian Pendidikan yaitu standar pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil siswa / peserta didik. Penilai dalam sebuah pendidikan formal adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan perolehan hasil belajar siswa / peserta dididk.
Bukti Fisik Standar Penilaian Untuk Memenuhi Akreditasi Satuan Pendidikan Tingkat SD/MI, http://www.librarypendidikan.com/
Bukti Fisik Standar Penilaian Untuk Memenuhi Akreditasi Satuan Pendidikan Tingkat SD/MI
Perlu untuk diketahui bahwa penilaian hasil peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah harus sesuai dengan prisnsip-prinsip seperti di bawah ini.
Soheh
Penilaian berdasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang terukur
Objektif
Sebuah penilaian harus berdasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas dan tidak terpengaruhi oleh subyetivitas penilai
Adil
Sebuah penilaian tidak merugikan atau menguntungkan salah satu peserta didik karena berkebutuhan khusus, juga tidak melihat latar belakang perbedaan latar, misalnya perbedaan agama, suku, tradisi, adat istiadat, kebiasaan suatu daerah, status sosial ekonimi dan gender.
Terpadu 
Sebuah hasil penilaian peserta didik / siswa merupakan salah satu komponen yang tidak dapat terpisahkan dari proses pembelajaran atau proses kegiatan belajar mengajar.
Tebuka 
Semua hasil penilaian harus dapat dimengerti, dipahami serta diterima oleh yang berkepentingan yaitu berdasarkan dari prosedur penilaian, sesuai dengan kriteria penilaian, dan dasar dari hasil keputusan yang benar dari seorang penilai atau guru.
Menyeluruh & Berkesinambungan
Ini merupakan penilaian dari pendidik/guru harus mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik, metoda, media yang sesuai, ini dilakukan oleh penilai atau pemantau untuk perkembangan peserta didik.
Sistematis
Penilaian dilakukan secara bertahap, terencana dengan sesuai aturan yang baku.
Beracuan pada Kriteria
Penilaian yang dilakukan dan dihasilkan oleh siswa atau peserta didik berdasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang telah ditentukan.
Akuntabel 
Sebuah hasil penilaian dapat dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknis, prosedur, termasuk hasilnya.

Standar Penilaian yang dilakukan oleh pemerintah untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu sesuai dengan bidang studi yang du UN kan.

Tetapi yang dinilai pada waktu Visitasi oleh Asesor untuk mendapatkan pengakuan dari pemerintah dengan sebuta Akreditasi Sekolah, implementasinya yaitu adanya keputusan dari pihak BANS/M maupun pengakuan dari masyarakat yang ada di lingkungan sekitar.

Standar Penilaian ini merupakan urutan point ke VIII (8), yang dapat dilihat pada susunan di bawah ini.

BUKTI FISIK AKREDITASI SD/MI

VIII. STANDAR PENILAIAN

Standar Penilaian yang harus ada di dalam MAP ini berjumlah 13 dokumen yang harus ada dalam memenuhi kriteria penilaian yang ditentukan yaitu mulai dari nomor urut 107 sampai 119.
Lihat selengkapnya berikut ini.
107. Buku Bank Soal dan Buku Ksi-Kisi, Instrumen Penilain Rubrik, Buku KKM, dan Porofolio Siswa
108. Berita Acara, Undangan, Daftar Hadir tentang Penyusunan KKM.
109. Portofolio Siswa, Daftar Nilai, Buku Mandiri, Asesor wawancara dengan para guru dan siswa tentang penilaian.
110. Analisis Butir Soal, Daftar Nilai, Buku Remedial dan Pengayaan.
111. RPP, Kisi-Kisi dan Bank Soal, Buku Mandiri, Portofolio, Pedoman Penskoran, Asesor wawancara dengan guru tentang sikap.
112. RPP, Kisi-Kisi dan Bank Soal, Buku Mandiri, Portofolio, Pedoman Penskoran, Asesor wawancara dengan guru tentang pengetahuan.
113. RPP, Kisi-Kisi dan Bank Soal, Buku Mandiri, Portofolio, Pedoman Penskoran, Asesor wawancara dengan guru tentang keterampilan.
114. Daftar Nilai Kepribadaian (Sikap), Asesor wawancara dengan guru dan siswa tentang sikap.
115. Daftar Nilai tentang Pengetahuan, Asesor wawancara dengan guru tentang pengetahuan
116. Daftar nilai tentang Keterampilan, Asesor wawancara dengan guru dan siswa tentang keterampilan.
117. Daftar Nilai (Harian), Rekap Nilai Akhir Tahun, Rekap Nilai Ujian Sekolah.
118. Berita Acara \, Undangan, Daftar Nilai, SK Kepala Sekolah tentang Sekolah.
119. Program Ujian, Kisi-Kisi, Instrumen dan Pedoman Penilaian, Anaisis Butir Soal, Daftar Nilai, SKL, Laporan Rekap Nilai Ujian, Pemanfaatan Nilai (Remedial/Pengayaan)

Agar mudah dalam mengecek apakah sudah ada atau belum ada. Admin telah membuat Standar Penilain ini dalam sebuah tabel yang telah tersusun rapih, seperti berikut ini.

BUKTI FISIK AKREDITASI SD/MI

VIII. STANDAR PENILAIAN
NO.
URUT
BUKTI FISIK YANG HARUS ADA
YA
TIDAK
107.
Buku Bank Soal dan Buku Ksi-Kisi



Instrumen Penilain Rubrik



Buku KKM



Porofolio Siswa


108.
Berita Acara, Undangan, Daftar Hadir tentang Penyusunan KKM


109.
Portofolio Siswa



Daftar Nilai



Buku Mandiri



Asesor wawancara dengan para guru dan siswa tentang penilaian


110.
Analisis Butir Soal



Daftar Nilai



Buku Remedial dan Pengayaan


111.
RPP



Kisi-Kisi dan Bank Soal



Buku Mandiri



Portofolio



Pedoman Penskoran



Asesor wawancara dengan guru tentang sikap


112.
RPP,



Kisi-Kisi dan Bank Soal



Buku Mandiri



Portofolio



Pedoman Penskoran



Asesor wawancara dengan guru tentang pengetahuan


113.
RPP



Kisi-Kisi dan Bank Soal



Buku Mandiri



Portofolio



Pedoman Penskoran



Asesor wawancara dengan guru tentang keterampilan


114.
Daftar Nilai Kepribadaian (Sikap)



Asesor wawancara dengan guru dan siswa tentang sikap


115.
Daftar Nilai tentang Pengetahuan



Asesor wawancara dengan guru dan siswa tentang Pengetahuan


116.
Daftar nilai tentang Keterampilan



Asesor wawancara dengan guru dan siswa tentang keterampilan


117.
Daftar Nilai (Harian)



Rekap Nilai Akhir Tahun



Rekap Nilai Ujian Sekolah


118.
Berita Acara \, Undangan, Daftar Nilai, SK Kepala Sekolah tentang Sekolah


119.
Program Ujian



Kisi-Kisi



Instrumen dan Pedoman Penilaian



Anaisis Butir Soal



Daftar Nilai



SKL



Laporan Rekap Nilai Ujian



Pemanfaatan Nilai (Remedial/Pengayaan)


LINK DOWNLOAD

Bagi Bapai Ibu Guru yang memerlukan bukti fisik yang lainnya secara keseluruhan mulai dari tahap pertama sampai terkahir silahkan klik saja di bawah ini !
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ I. Standar Isi ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ II. Standar Proses ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ III. Standar Kompetensi Lulusan ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ IV. Standar PTK ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ V. Standar Sarana dan Pra Sarana ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ VI. Standar Pengelolaan ]
>> Bukti Fisik Akreditasi Sekolah SD/MI [ VII. Standar Pembiayaan ]

Demikianlah yang dapat admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga Ibu dan Bapak Guru, Kepala Sekolah, termasuk Pengawas TK/SD dapat memanfaatkan file-file ini. Karena kami kira ini akan bermanfaat bagi satuan pendidikan terutama bagi tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Salam www.librarypendidikan.com

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Bukti Fisik Standar Penilaian Untuk Memenuhi Akreditasi Satuan Pendidikan Tingkat SD/MI"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung