Dalam sistem Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut.
Bila pada jenjang SD/MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs, SMA, SMK/sederajat pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.
Kami rekomendasikan :
Download / Unduh Jurnal Pembelajaran Harian Kurikulum 2013 Untuk SD, SMP, SMA, SMK Atau Yang Sederajat
Download Free Prota Promes RPP dan KKM KTSP SMP.MTs Kelas 7, 8, 9 Lengkap Semua Mata Pelajaran
Soal, Kunvi Jawaban, dan Pembahasan Soal UN SMA/MA Tahun 2017 Jurusan IPASebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya bagi siswa SMP/MTs, SMA/SMK/sederajat. Materi-materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, dan Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs, SMA/SMK/sederajat tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.
Kisi-kisi ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
Download Kisi-Kisi USBN SMP, SMA, SMK/sederajat dan UN SMP, SMA, SMK, SMPLB dan SMALB, PAKET B dan PAKET C Tahun Pelajaran 2017/2018 Sesuai BSNP-Kemendikbud |
Inilah ulasannya :
Penilaian adalah kegiatan untuk mengetahui apakah suatu program telah berhasil dan efisien. Fungsi dan kegunaan dari penilaian adalah untuk mendapatkan umpan balik serta untuk pengambilan keputusan mengenai siswa, metode bahan pembelajaran dan program itu sendiri.
Jenis dan Bentuk penilaian ada 2 , yaitu :
- Penilaian kemajuan belajar adalah upaya pengumpulan informasi tentang kemajuan belajar siswa.
- Penilaian hasil belajar adalah upaya pengumpulan informasi untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan yang telah dicapai oleh siswa.
Prinsip-Prinsip dasar penulisan tes ada 3 yaitu : validity (sahih), reliability (handal), usability (kepraktisan)
Validity merupakan prinsip alat ukur yang mengukur apa yang harus diukur bukan yang lain. Arti kata hanya menggunakan 1 saja objek. Reading ya reading saja (content validity). Tampilan yang bagus juga mempengaruhi validity ( face validity), gaya tata bahasa pun ikut mempengaruhi validity ( construct validity).
Reliability ( handal) adalah alat ukur yang meliputi ketepatan/kecermatan dan kestabilan hasil belajar siswa. Jika diteskan pada kelas yang lain dengan waktu dan jumlah yang sama, maka kestabilan dari kelas ke kelas mempengaruhi reliability. Ada 2 macam reliability yaitu : relability internal ( tingkat homogenitas butir-butir soal sebuah tes baik dari segi tingkat kesukaran maupun bentuk soal/prosedur menjawabnya. reliability eksternal adalah tingkat skor yang sama yang dihasilkan dari penyajian sebuah tes kepada sekelompok siswa.
Usability (kepraktisan) adalah prinsip yang menyangkut kemudahan tes dalam penyelenggaraannya yang meliputi administrasi, peralatan, dll.
Penyusunan Kisi-Kisi
Kisi-kisi adalah suatu format yang memuat criteria tentang soal-soal yang diperlukan atau hendak disusun. Atau sebuah guide line about how to write a test. Kegunaan kisi-kisi adalah guide to write the text atau panduan untuk menulis soal. Syarat-syarat dari kisi-kisi adalah :
- Dapat mewakili isi kurikulum secara tepat
- Komponen-komponennya jelas dan mudah dipahami
- Komponen-komponennya memuat semua segi yang diperlukan dan rinci
- Dapat dipenuhi/ dilaksanakan soal-soalnya.
1. Manfaat penilaian bagi siswa :
- Meningkatkan motivasi
- Mengetahui kekuatan dan kelemahan
- Mengetahui penguasaan bahan
- Mengetahui penguasaan bahan bagi siswa
- Mengetahui kemampuan siswa
- Mengetahui hasil belajar siswa secara keseluruhan
- Membandingkan hasil belajar dari tahun ke tahun
- Apakah program sudah tepat
- Apakah sarana dan prasarana sekolah sudah memadai
- Apakah metode penyajian sudah diajarkan dengan benar
- Apakah evaluasi untuk mengungkap perolehan belajar siswa dipergunakan dengan tepat
Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2017/2018
Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2017/2018
Sumber : BSNP Indonesia
Terima kasih kami ucapkan kepada Kemendikbud yang telah memberikan kontribusi Kisi-Kisi USBN SMP, SMA, SMK/sederajat dan UN SMP, SMA, SMK, SMPLB dan SMALB, PAKET B dan PAKET C Tahun Pelajaran 2017/2018 tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).
0 Response to "Download, Unduh File-File Kisi-Kisi USBN SMP, SMA, SMK/sederajat dan UN SMP, SMA, SMK, SMPLB dan SMALB, PAKET B dan PAKET C Tahun Pelajaran 2017/2018 Sesuai BSNP-Kemendikbud"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung