RPP Matematika SD Kelas 4 Semester 1 (Ganjil) Revisi Kurikulum 2013 Terbaru

Sahabat guru semuanya, Mata Pelajaran Matematika dan PJOK kini sudah terpisah dengan mata pelajaran lainnya sesuai dengan Permendikbud Nomor 147 Tahun 2016, yang isinya seperti di bawah ini.
http://www.librarypendidikan.com
Permendikbud Nomor 147 Tahun 2016

Secara jelas bahwa perangkat pembelajarannya juga harus berubah termasuk RPPnya. Baik Librari Pendidikan menyajikan untuk Bapak dan Ibu yang kami lansir dari www.gurusd.net yaitu tentang RPP Matematika SD Kelas 4 Semester 1 (Ganjil) Revisi Kurikulum 2013 Terbaru.
RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 matematika pada kelas 4 SD atau IV ini kami bagikan melengkapi RPP tematik sebelumnya, yang mana kita ketahui bersama pada pelajaran Matematika dan PJOK terpisah dari unsur tematik kurikulum 2013 revisi 2017 dimulai semester 1 ini. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini sudah sesuai dengan panduan pembelajaran matematika pada Kurikulum 2013.

RPP Matematika SD Kelas 4 Semester 1 (Ganjil) Revisi Kurikulum 2013 Terbaru
RPP Matematika SD Kelas 4 Semester 1 (Ganjil) Revisi Kurikulum 2013 Terbaru
Berikut contoh RPP Matematika Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi semester 1 yang memuat KD, Indikator, Tujuan, Pendekatan dan Metode, Kegiatan Inti, sumber dan Media, Penilaian/Evaluai.

Kompetensi Dasar
3.2. Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.
4.2. Mengidentifikasi berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.

Indikator
3.2.1. Memahami tentang berbagai bentuk soal pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.
4.2.1. Menyelesaikan masalah soal ujian berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya.

C. TUJUAN
1. Siswa mampu memahami soal ujian tentang berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
2. Siswa mampu menjawab pertanyaan soal-soal ujian dengan baik dan benar
3. Siswa mampu mengerjakan soal dengan mencantumkan langkah-langkahnya
4. Siswa mampu melaksanakan ujian tentang berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan diantaranya
5. Siswa mampu menyelesaikan soal ujian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan

D. MATERI
1. Ujian pecahan.

E. PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan  : Scientific
Strategi  : Cooperative Learning
Teknik  : Example Non Example
Metode  : Ujian

Kegiatan Pendahuluan
1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran bahwa hari ini adalah ujian materi Pembulatan hasil pengukuran ke satuan, puluhan, atau ratusan terdekat
6. Guru memberikan aturan-aturan yang dilakukan dalam mengerjakan soal-soal ujian

Kegiatan Inti
A. Mengamati
1. Siswa mengamati penjelasan guru tentang kisi-kisi ujian yang akan dilaksanakan 

B. Menanya
1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai ujian yang akan dilaksanakan
2. Siswa menanyakan kepada guru mengenai hal yang belum di pahami oleh siswa
3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa

C. Mencoba
1. Guru membagikan soal-soal ujian kepada setiap siswa
2. Siswa mengerjakan soal latihan yang telah diberikan secara individu
3. Siswa mengumpulkan hasil ujian yang telah dikerjakan kepada guru untuk dikoreksi

Kegiatan Penutup
1. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi untuk menambah semangat belajar siswa
2. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak
3. Salam dan do’a penutup.

G. SUMBER DAN  MEDIA
1. Buku Pedoman Guru Tema 6  Kelas 6 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
2. BSE KTSP
3. Soal-soal ujian
4. Lembar jawab
5. Alat tulis


H. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap ujian ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dari hasil ujian dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;

1. Soal-soal Ujian
2. Catatan Guru
a. Masalah         :……….
b. Ide Baru  :………..
c. Momen Spesial :………….

Sebelumnya silahkan baca juga :

RPP Kelas Matematika Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semester 1 berikut contoh-contohnya.
Silahkan di unduh seluruhnya .

Rupanya postingan yang memuat RPP Matematika SD Kelas 4 Semester 1 (Ganjil) Revisi Kurikulum 2013 Terbaru mudah-mudahan membantu Bapak dan Ibu dalam pencarian browsing ini. 
Salam Library Pendidikan

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "RPP Matematika SD Kelas 4 Semester 1 (Ganjil) Revisi Kurikulum 2013 Terbaru"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung