Format, Instrumen, Dokumen Lomba Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Berprestasi

http://www.librarypendidikan.com/
Suasana Pengarahan untuk Lomba Guru Berprestasi 
Kami bagikan File-File Format, Instrumen, Dokumen untuk Lomba Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Berprestasi yang bisa diunduh dengan tujuan untuk mempermudah dan membantu bagi guru atau kepala sekolah untuk dijadikan sebagai referensi.

Mengacu kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk setiap tahunnya menggelar pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi. Lomba yang digelar itu tentunya harus diikuti guru dan tenaga kependidikan dari 34 provinsi di seluruh wilayah Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam laman kemdikbud.go.id, yang beralamat di Plaza Insan Berprestasi Gedung A kantor Kemdikbud jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

“Pemerintah berharap lewat Kemendikbud seluruh guru dapat terus menambah wawasan, dan mengasah pengetahuan untuk dapat meningkatkan profesionalisme. Yang terpenting adalah inner motivation guru itu sendiri,”.

Biasanya dalam ajang bergengsi bagi guru dan tenaga kependidikan itu terbagi menjadi 5 kategori yaitu Guru SMA Beprestasi, Guru SMK Berprestasi, Guru SMALB Berprestasi, Guru SMA/SMK penyelenggara pendidikan Inklusi, dan Guru SMA/SMK Berdedikasi

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap pemberdayaan guru dan tenaga kependidikan yang telah memberikan prestasi dan dedikasinya terhadap dunia pendidikan. Terdapat 39 kategori penghargaan untuk Guru, Kepala Sekolah, Pengawas, Tenaga Administrasi, dan Tenaga Laboratorium/Laboran berprestasi serta berdedikasi dari 34 provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

“Sebelum masuk pada tingkat nasional, seleksi GTK berprestasi dan berdedikasi dilaksanakan secara bertingkat. Mulai dari tingkat satuan pendidikan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai pada tingkat nasional,”.
Pemilihan Guru Berprestasi Pendidikan Menengah digelar di Jakarta. Tercatat, peserta tingkat nasional terdiri atas Guru SMA, SMK dan Guru SMALB.

Seleksi dilaksanakan secara bertahap, mulai dari tingkat satuan pendidikan, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai pada tingkat nasional.

Pemilihan Guru Berprestasi Pendidikan Menengah tersebut melalui tes tertulis, penilaian portofolio, penilaian best practise (praktik terbaik), wawancara, dan presentasi. 

Para finalis juga mengikuti kegiatan pameran buku hasil karya guru, seminar nasional dengan tema tertentu, seperti tahun 2017 yaitu bertema "Penguatan Pendidikan Karakter dan Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Sekolah" dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mengikuti kunjungan ke DPR dan mengikuti upacara Hari Kemerdekaan RI ke-72 di Istana, wisata Budaya ke Istana Presiden, serta malam apreasiasi seni.
Para peserta Guru Berprestasi diantaranya terdiri dari :
Peserta Dikdas:
  1. Guru SD berprestasi 
  2. Guru SMP berprestasi
  3. Guru SDLB/SMPLB berprestasi
  4. Guru SD/SMP inklusi berprestasi
  5. Guru SD berdedikasi di dasus
  6. Guru Sekolah Indonesia Luar Negeri
  7. Guru Sekolah Indonesia Kota lainnya secara khusus

  • Guru berprestasi tingkat kecamatan diambil dari tingkat satuan pendidikan.
  • Guru-guru berprestasi tingkat kab./Kota diambil yang terbaik dari tiap kecamatan/UPT/UPTD Pendidikan Kecamatan.
  • Guru-Guru berprestasi tingkat propinsi diambil dari guru-guru yang berprrstasi tingkat Kab./Kota.
  • Guru-guru kategori berprestasi tingkat nasional adalah pemenang 1 tingkat provinsi, hasil pemilihan dari tingkat kabupaten/kota.

Adapun seleksi guru di tiap jenjang meliputi penilaian portofolio, video pembelajaran, tes tulis akademis dan keperibadian, karya tulis, presentasi/wawancara

Yang berbeda antara di daerah dan pusat adalah prosentasi tiap jenis penilaian.

Guru daerah khusus, guru Sekolah Indonesia Luar Negeri, dan guru Sekolah Indonesia Kab./Kota yang perlu ikut lomba. Mereka diundang sebagai tamu untuk menghargai dedikasinya.

Mereka menuliskan/ diwawancari tentang profil dan pengalaman mengajar di daerah masing-masing.

Khusus semua guru mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden biasanya pada tanggal 16 Agustus di gedung DPR/MPR RI. Di sini biasanya semua guru mendapatkan penghargaan, uang pembinaan dan laptop serta perlengkapan mengajar.

Selain penilaian, semua peserta mendapatkan penguatan materi: 
1. PPK
2. PKB
3. Literasi
4. Perlindungan Hukum
5. Pendidikan Inklusif  dari Prof. Chris Forlin, UWA Perth Australia

Dalam Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan berprestasi/berdedikasi, tidak semua provinsi mengirimkan wakil tingkat pendidikan dasar, peringkat 5 besar dari setiap kategori menyebar di banyak provinsi, pernah juga seperti sebelumnya yang didominasi provinsi tertentu. Ada keunikan lainnya, guru-guru mengenakan pakaian adat daerah masing-masing.

Berkaitan dengan akan dilaksanakannya kegiatan Pemilihan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah Berprestasi, dengan ini disampaikan ketentuan berkenaan dengan Pemilihan Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Berprestasi untuk setiap tahunnya adalah sebagai berikut:
Di bawah ini kami sediakan File-File FORMAT, INSTRUMEN, DOKUMEN LOMBA GURU DAN KEPALA SEKOLAH BERPRESTASI.

http://www.librarypendidikan.com/
Tampilan ppt Guru Berprestasi/http://www.librarypendidikan.com/
Silahkan download/unduh satu persatu link di bawah ini:
  1. [Link Download] File Format Penilaian Guru Prestasi,doc
  2. [Link Download] File Format Penilaian Portofolio Kepala Sekolah.doc
  3. [Link Download] File Format Penilaian Portofolio Guru.doc
  4. [Link Download] File Format Urutan Dokumen Folio Kepala Sekolah.doc
  5. [Link Download] File Instrumen Portofolio.doc
  6. [Link Download] File Rekap Hasil penilaian Kinerja Guru Kelas.doc
  7. [Link Download] File Skala Penilaian Kepala Sekolah.doc
  8. [Link Download] File PowerPoint Guru Berprestasi, Menjadi Guru Adalah Sebuah Pengabdian
  9. [Link Download] File Sampul/Cover Makalah Guru Berprestasi, Menjadi Guru Adalah Sebuah Pengabdian
  10. [Link Download] File Contoh Makalah Guru Berprestasi, Menjadi Guru Adalah Sebuah Pengabdian 

Semua momen yang diselenggarakan mulai dari tingkat satuan pendidikan sampai tingkat nasional tidaklah lain hanya untuk Menuju Peningkatan Kualitas Guru.
Sekian dan terima kasih telah membaca artikel kami ini.
Motto : "Menjadi Guru adalah Sebuah Panggilan Jiwa dan Pengabdian, Menjadi Guru Berprestasi adalah Kebanggaan". Secara jelas dan lengkapnya silahkan kunjungi artikel di bawah ini.
Rupanya postingan tentang Format, Instrumen, Dokumen Lomba Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Berprestasi cukuplah di sini dulu. Lain kali kita sambung kembali. Salam Library Pendidikan.

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Format, Instrumen, Dokumen Lomba Pemilihan Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Berprestasi"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung