Kumpulan Materi Ajar Media Pembelajaran Interaktif IPA Kelas 4 SD

Pengembangan Materi Bahan Ajar multimedia interaktif secara umum terdiri atas tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap perencanaan, dan tahap pengembangan multimedia interaktif. Tahap pendefinisian dilakukan dengan menganalisis materi pelajaran, observasi labolatorium komputer, analisis tujuan pembelajaran, dan analisis indikator. Tahap perencanaan dilakukan dengan merancang Draft I BAMI yang selanjutnya divalidasi dan direview oleh pakar multimedia dan ahli materi. Tahap pengembangan dilakukan dengan merevisi Draft I menjadi Draft II dengan mengujikannya secara terbatas dan luas. Hasil pengembangan akan terbentuk produk akhir Bahan Ajar Multimedia Interaktif (BAMI).
Bahan Ajar Multimedia Interaktif valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan sebagai sumber belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi 3.72 termasuk dalam kategori baik.
Hasil dari uji coba terbatas menunjukkan skor ketetarikan siswa 4,5 masuk ke dalam kategori sangat baik dan skor uji coba luas adalah 4,6 juga masuk ke dalam kategori sangat baik. Nilai test yang diperoleh dalam uji coba luas pada kelas eksperimen 88.75 dengan pembanding kelas kontrol 61.15. BAMI efektif digunakan dalam pembelajaran.
Produk akhir multimedia interaktif disarankan dapat digunakan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Sarana dan prasarana sangat dibutuhkan seperti perangkat komputer sehingga siswa dapat melakukan kegiatan pembelajaran interaktif yang menyenangkan secara mandiri.
Pengembangan lebih lanjut dari produk ini adalah pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran lainnya. Selain itu, pengembangan multimedia interaktif juga dapat dikembangkan untuk kelas tinggi maupun kelas rendah.
Pemilihan gradasi warna menentukan ketertarikan siswa terhadap multimedia yang ditampilkan. Penyesuaian warna yang ditentukan dengan karakteristik siswa Sekolah Dasar menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan multimedia interaktif. Pemilihan animasi yang sederhana juga mempengaruhi ketertarikan siswa terhadap multimedia interaktif.

Inilah Kumpulan Materi Ajar Media Pembelajaran Interaktif IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Kelas 4 SD, yang bisa di unduh di bawah ini


Dalam MP di atas memuat hal-hal yang relevan dengan SNP karena diambil dari rumah belajar kemendikbud. Sebagai contoh unuk MP IPA Panas Kelas 4 SD yaitu memuat :
KOMPETENSI DASAR
Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat sifatnya. 
Setelah mempelajari topik panas maka kamu dapat :
1. Menyebutkan sumber-sumber energi panas
2. Menyebutkan cara perpindahan panas
3. Menyebutkan pengaruh energi panas terhadap benda
Materi
- Pengertian Panas
- Perpindahan Energi Panas
- Pengaruh Energi Panas
Latihan
Tes
Unduh juga materi ajar media pembelaran interaktif juga di bawah ini.
Pemilihan postingan artikel tentang Materi Ajar Multimedia Media Pembelajaran Interaktif Kelas 4 SD untuk mata pelajaran IPA ini karena sangat diperlukan untuk guru-guru. Catatn kami, banyak sekolah yang memiliki labolatorium, ada infokus, laptop, computer dll, tetapi kurang dimanfaatkan dengan baik. Sebaliknya banyak guru dan siswa yang terampil mengoperasikan komputer tetapi kurang didukung dengan fasilitas computer, laptop dll yang memadai.


Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Kumpulan Materi Ajar Media Pembelajaran Interaktif IPA Kelas 4 SD"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung