Volume pada Zat Padat, Cair, dan Gas

Volume pada Zat Padat, Cair, dan Gas - Sahabat semua sebagai pembaca setia artikel-artikel www.librarypendidikan.com. 
Ingatlah sebagian besar tubuh kita terdiri atas air. Kita tidak bisa hidup tanpa air. Air adalah zat yang menakjubkan. Air dibagi menjadi tiga wujud, yaitu padat, cair, dan gas. Air berwujud padat disebut es, dan air yang berwujud gas dinamakan uap air.
Apakah volume air dalam tiga wujud ini sama? Ternyata volume air dalam tiga wujud ini berbeda.
Air menempati volume terkecil saat wujudnya berbentuk padat. Pada saat dipanaskan air yang membeku akan mencair. Volume air pada keadaan cair lebih besar daripada volume es. Jika air dipanaskan terus-menerus maka akan besar daripada volume air dalam bentuk cairnya.
Molekul-molekul yang tersusun rapat akan menempati volume terkecil. Molekul-molekul yang tersusun rapat biasanya terdapat pada zat padat. Untuk zat cair, molekul-nolekulnya tersebar menyesuaikan dengan bentuk wadahnya. Oleh karena itu jarak antarmolekulnya lebih renggang, volume zat cair lebih renggang, volume zat cair lebih besar dibanding dengan zat padat. Molekul-molekul dalam gas berjauhan satu dengan yang lainnya. Akibatnya, gas menempati volume paling besar.
Mari kita perhatikan susunan molekul air dalam tiga wujud berbeda. Jarak antarmolekul air dalam tiap wujud air berlainan.
Keterangan :
Gambar. a (Gb. a)
Molekul-molekul air pada es tersusun rapat.
Gambar. b (Gb. b)
Molekul-molekul air dalam keadaan cair menyebar sesuai dengan bentuk wadahnya.
Gambar. c (Gb. c)
Molekul-molekul air dalam bentuk gas tersebar. Jarak antarmolekulnya berjauhan.

Tahukah Kamu ?
Susunan benda di dunia ini terdiri atas partikel-partikel sangat kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata. Partikel-partikel kecil ini dinamakan atom. Gabungan satu atau beberapa atom membentuk molekul.
 Balok besi tersusun dari atom-atom besi.
Demikianlah semua sahabat www.librarypendidikan.com, artikel yang dapat diupdate kali ini. Kurang-lebihnya mohon maaf . Salam sangat selalu penuh semangat untuk sukses selalu. Amin

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Volume pada Zat Padat, Cair, dan Gas"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung