Daftar Pusat Belajar



Informasi ini didapat dari Bimtek Penjab (Penanggung Jawag) Pusat Belajar di Hotel Santika Kota Tasikmalaya Jawa Barat pada tanggal 8-10 Agustus 2016 oleh P4TK Pertanian Cianjur.
Marilah kita simak inilah isinya
Materi pembelajaran dan ilmu pengetahuan terus berkembang. Sementara sekolah-sekolah yang ada di Indonesia memiliki keterbatasan untuk selalu memenuhi atau update sumber belajar yang sesuai dengan perkembangan.
Kalau mengandalkan bantuan pemerintah kendala tersebut mungkin sangat memakan waktu untuk pencapaiannya. Keterbatasan sumber belajar di Sekolah-sekolah yang ada di Indonesia termasuk di Kab. Garut,  ini perlu di sikapi dengan bijaksana. Satu hal yang sangat realistis adalah dengan menyatukan kemampuan gugus (sekolah-sekolah yang berdekatan) untuk membentuk pusat sumber belajar bagi guru pembelajar yaitu P4TK Pertanian Cianjur dengan memberi istilah cluster (gugus).
Konsepnya adalah setiap sekolah memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang terbatas pada SDM atau gurunya, ada yang terbatas pada sumber-sumber belajarnya, ada yang terbatas masalah pendanaannya. Andaikan saja ada 10 sekolah terdekat bersatu bahu-membahu membuat CRC (Cluster Resources Center) pasti hasilnya menjadi sangat signifikan untuk sumber belajar para guru.
Andaikan sekolah di Kecamatan A dan B tidak mempunyai sarana dan prasarana yang tidak memadai termasuk fasilitas IT, maka bisa bergabung dengan sekolah di Kecamatan C yang tentunya fasilitasnya memadai.
Sebagai contoh cluster 14 terdiri dari 4 Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Cisompet, Pameungpeuk, Cikelet, dan Cibalong, maka Cluster 14 dipusatkan di SDN Pameungpeuk 1 Kecamatan pameungpeuk.
Contoh lain. Andaikan saja masing-masing sekolah mempunyai 1 pengalaman mengajar yang bagus, maka dalam CRC akan terkumpul 10 pengalaman belajar terbaik yang dapat dimiliki bersama.
Pelaksanaan Guru pembelajar yang akan dilaksanakan yaitu Moda Daring Kombinasi bagi Guru Kelas Bawah dan Moda Daring Kombinasi Kelas Atas yaitu pada tanggal 1, 2, 3 September 2016.
Buka di sheet 3 RSS TM untuk Awal, sheet 5 RSS TM untuk Awal, dan Shaat 6 untuk Daftar PB Garut. (maaf nama-nama yang akan bimtek/diklat tidak kami posting, karena banyak pertimbangan)
Untuk lebih jelasnya Bapak Ibu bisa melihat pada data Cluster 1-14 Daftar Pusat Belajar Bagi Guru Pembelajar di Kab. Garut Tahun 2016 pada link di bawah ini.
Pelaksanaan GP moda daring adalah proses pembelajaran dan peningkatan kompetensi guru secara daring sebagai tindak lanjut dari hasil UKG Tahun 2015.
Inilah alamat log in guru pembelajar https://lms.gurupembelajar.id/
Selamat!!!

Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Daftar Pusat Belajar"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung