Selamat berjumpa lagi sahabat www.librarypendidikan.com.
Kali ini akan sharing tentang Mengenal Mocrosoft Office PowerPoint 2007
Simaklah paparan materi di bawah ini.
MENGENAL
MS. POWER POINT 2007
Pada suatu
saat mungkin kita diharuskan menyampaikan presentasi atas tugas yang diberikann
ke kita. Tentu saja, presentasi akan lebih menarik bila ada paparan secara visual, sehingga para pendengar tidak perlu
membayangkan apa yang kita presentasikan.
Untuk membantu menvisualisasikan presentasi tersebut, salah
satu aplikasi yang tergabung dalam Ms. Office 2007 adalah PowerPoint. Saya
yakin, aplikasi ini yang paling sering digunakan dibanding aplikasi jenis lain.
Pada bab ini, saya akan menjelaskan bagaimana menggunakan
PowerPoint 2007, sehingga Anda bisa membuat presentasi yang menarik menggunakan
aplikasi ini.
Antar
Muka PowerPoint 2007
Setelah selesai menginstal Ms. PowerPoint, Anda bisa
membukanya dengan cara menklik Start > All Programs > Microsoft Office
> Microsoft Office PowerPoint 2007.
Sebelum menggunakannya, alangkah baiknya kita mengenal
sekilas antar muka PowerPoint 2007. Perhatikan gambar berikut:
MULAI
MEMBUAT PRESENTASI
Saat bekerja dengan Ms. PowerPoint, kita akan selalu
berhadapan dengan slide. Slide merupakan lembar yang berisi materki presentasi.
Dalam sebuah presentasi, bisaanya terdapat lebih datu slide.
Membuat
Presentasi Baru
Pertama klali membuat presentasi, Anda bisa membukanya
dengan cara klik Start > All Programs > Microsoft Office >
Microsoft Office PowerPoint 2007.
Namun,
jika sedang bekerja dengan Ms. PowerPoint 2007, Anda cukup tekan Ctrl = N. PowerPoint
2007 akan langsung terbuka.
Menambah
Slide
Secara default, saat membuka Ms. PowerPoint 2007, sudah ada
sebuah slide. Untuk menambahkan slide baru, caranya sebagai berikut:
1. Klik ribbon Home
2. Klik New Slide
3. Pilih jenis slide yang Anda inginkan.
Menghapus
Slide
Ketika sedang membuat bahan presentasi, bisa saja ada sebuah
slide yang tidak diperlukan. Anda bsia menghapusnya dengan cara mengklik kanan
slide yang ingin dihapus, lalu klik Delete Slide.
Selainn dengan cara tersebut, Anda juga bisa menghapus slide
dengan cara klik slide yang akan dihapus, lalu klik tombol Delete pada
keyboard. Secara otomatis, slide tersebut akan terhapus dari presentasi Anda.
Mengganti
Layout Slide
Setiap slide pasti menceritakan hal yang berbeda.
Tampilannya pun bisa jadi berbeda. Tergantung dari apa yang akan disampaikan.
Bisa berupa grafik, bebentuk kolom, table perbandingan dan lain-lain. Anda bisa
mengubahnya dengan cara sebagai berikut:
1. Klik slde yang diganti layoutnya
2. Klik Layout
3. Klik bentuk yang Anda inginkan
Memberi
Background Slide
Ketika mendengar presentasi, bisa saja peserta bosan dan
ngantuk. Untuk mencoba menarik perhatian, kita membuat slide dengan tampilan
yang berbedaa. Namun, ten tu saja harus sesuai dengan topic yang disampaikan.
Misalkan,
Anda ingin memberikan background dari gambar. Caranya sebagai berikut:
1. Klik kanan sldie lalu klik Format
Background
2. Klik Picture or Texture Fill
3. Klik Texture
4. Klik Background yang Anda
inginkan
Menyalin
(Copy) Slide
Bisa saja sebuah presentasi, ada file yang sama. Darkipada
menekan tombol kembali, Anda bisa menyalin dari slide yang sudah ada. Caranya
sebagai berikut:
1. Klik kanan slide > Copy
2. Klik kanan di antara slide yang
akan ditempatkan > Paste
Memindahkan
Slide
Setelah membuat banyak slide, mungkin Anda merasa urutannya
tidak cocok. Anda bisa mengurutkannya kembali dengan memindahkan slide yang
tidak cocok di tempatnya. Caranya sebagai berikut:
1. Klik kanan slide yang ingin
dipindahkan > Cut
2. Klik kanan di antara slide yang
akan ditempatkan > Paste
Supaya lebih cepat, klik slide lalu tahan dan geser ke
tempat yang Anda inginkan.
Mengatur
orientasi dan Ukuran Slide
Adakalanya ukuran dan orientasi tampilan (Portrait atau
landscape) sldie tidak cukup untuk menyisipkan objek berupa gambar atau grafik.
Anda bisa mengubahnya sesuai kebutuhan. Untuk mengubah ukuran, caranya sebagai
berikut:
1. Klik ribbon Design
2. Klik Page Setup
3. Atur ukuran dan orientasi
tampilan
4. Klik OK jika sudah selesai
Jika hanya ingin mengubah orientasii tampilan, cukup klik Slide
Orientations > pilih tampilan yang diinginkan.
Menyimpan
Presentasi
Menyimpan pekerjaan bisa dilakukan kapan saja, termasuk
ketika pertama kali membuka Ms. powerPoint 2007. Jika pertama kali menyimpan,
akan keluar dialog untuk memberi nama file. Lebih jelasnya sebagai berikut:
1. Klik Office Button > Save
As > powerPoint Presentation
2. Beri nama file lalu klik Save
Bila masih melanjutkan pekerjaan, cukup tekan Ctrl + S untuk
menyimpannya. Namun, jika ingin menyimpan dengan nama yang berbeda, ikuti dari
langkah pertama.
TEKNIK
MENGEDIT PRESENTASI
Untuk menghasilkan sebuah presentasi yang menarik,, kita
akan selalu mengubah, menamah, bahkan menghilangkan bagian dari isi sebuah
slide. Untuk mempercepat belajar, Anda bisa menggunakan file Ms. PowerPoint
2007 yang disediakan di CD penyerta buku ini.
Menyorot/Menyeleksi
Teks
Menyorot atau menyeleksi teks akan sering dilakukan, karena
beberapa perintah tertentu mengharuskan untuk diseleksi terlebih dahulu sebelum
memilih perintah selanjutnya. Untuk melakukannya, Anda cukup menempatkan kursor
sebelum teks yang akan di sorot lalu gerakkan ke kiri/kanan teks yang akan
dipilih.
Jika yang akan dipilih semua objek, klik di bagian Place
Holder lalu klik Select pada grup Editing (ribbon Home).
Jika ingin lebih cepat lagi, cukup tekan Ctrl + A.
Menghapus
Teks
Seperti pada aplikasi lainnya, cara menghapus teks sama
saja, Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghapus teks yang telah
Anda buat, diantaranya:
1. Menekan tombol Backspace, untuk
menghapus teks dari depan ke belakang (menghapus per karakter)
2. Menekan tombol Delete, untuk
menghapus dari belakang ke depan (menghapus per karakter)
3. Jika ingin enghapus beberapa kata
maupun paragraph sekaligus, sorot terlebih dahulu teks yang dinginkan, lalu
klik tombol Cut atau tombol Delete pada keyboard.
Menyalin
Teks atau Objek
Untuk mempercepat pekerjaan, aktivitas menyalin teks atau
objek, akan sering Anda lakukan. Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi teks atau objek yang akan
disalin
2. Klik kanan > Copy (Ctrls +
C)
3. Letakkan kursor di tempat yang
Anda inginkan
4. Klik kanan > Paste (Ctrl +
V)
Memindahkan
Teks atau Objek
Selainn menyalin, kita juga bisa memindahkan teks atau objek
dari satu tempat (slide) ke tempat (slide) lain. Caranya sama seerti menyalin,
klik kanan teks atau objek yang akan dipindahkan lalu klik Cut .
Setelah
itu, Paste (Ctrl + V) di tempat yang Anda inginkan.
Menyalin
Format dengan Format Painter
Format tulisan yang sama akan mempercepat membuat presentasi
yang kita inginkan. Tentu saja, beberapa slide menggunakan (warna, ukuran,
jenis huruf dan sebagainya) yang sama. Jika menginginkan seperti itu, Anda bisa
melakukan hal sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang formatnya
akandierapkan pada format teks yang lain
2. Klik ribbon Home > Format
painter pada grup Clipboard (Ctrl + Shift + C)
3. Seleksi teks yang diingin kan
lalu lepaskan mouse
Membatalkan
Pekerjaan
Melakukan kesalahan saat bekerja, akan selalu terjadi ketika
baru belajar menggunakannya. Saat membuat sebuah presentasi pun demikian, akan
sering melakukan bongkar pasang materi yang akan dipresentasikan, Cara
membatalkan hasil pekerjaan adalah dengan menekan Undo (Ctrl + Z) yang terdapat
pada Quick Access Toolbar. Sebaliknya, Anda bisa mengklik Redo (Ctrl + Y), jika
memang tidak jadi membatalkannya.
Mencari
Kata
Jika slide skudah banyak, mungkin Anda kerepotan mencari
sebuah kata, supaya lebih cepat mencari, Anda bisa melakukan hal sebagai
berikut.
4. Klik Find pada grup Editing
(Ctrl + F)
5. Ketik kata yang ingin dicari pada
Find What lalu klik Find Next
Secara
otomatis, kata yang dicari akan ditandai (diblok)
Mengganti
Kata
Selain mencari, Anda pun dapat mengganti kata yang tidak
sesuai dengan keinginan. Caranya sebagai berikut:
1. Klik Replace pada grup Editing
(Ctrl + H)
2. Ketik kata yang akan diganti pada
kolom Find What
3. Ketik kata baru pada kolom Replace
With
4. Klik Replace
5. Klik Close
Keterangan
:
Match case, mengganti kata
sesuai case yang diketik
Find whole words only, mengganti
kata yang persis sama (tanpa imbuhan)
Replace All, mengganti
semua kata yang ada dalam slide
MENGGANTI
FORMAT TEKS DAN PARAGRAF
Pada bab sebelumnya, dijelaskan cara mengubah ukuran dan
orientasi tampilan slide. Pada bab ini akan dijelaskan lebih lanjut untuk
mengatur format teks dan paragraf.
Mengatur
Format Teks
Terks yang ditampilkan, pasti berbeda ukuran, warna, jenis,
style, atau yang lainnya. Anda bisa mengubahnya untuk menyesuaikan atau memberi
penegasan pada presentasi yang Anda buat.
Mengatur
Huruf
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam melakukan
pen gaturan uruf (font), di antaranya:
Dengan
Grup Font
1. Seleksi teks pada slide yang
ingin Anda ubah
2. Misalnya, ingin mengubah ukuran
huruf. Klik drop-down ukuran lalu pilih ukuran yang Anda inginkan
Dengan
Kotak Dialog Font
Utuk pengaturan lebih lanjut, Anda bisa menggunakan kotak
dialog font. Untuk melakukannya. Ikuti langkah berikut:
1. Seleksi teks pada slide yang
ingin Anda ubah
2. Klik tanda anak panah pada grup
Font (Ctrl + D)
3. lakukan pengaturan yang Anda
inginkan, lalu klik OK
Dengan
Mini Toolbar
Ketika menyeleksi teks, otomatis keluar mini toolbar untuk
mengatur format huruf. Jika hanya ingin mengatur huruf yang sederhana, bisa
menggunakan fasilitas ini. Bisa lebih cepat tanpa terlalu banyak menggerakkan
mouse.
Caranya, seleksi eks lalu geser sedikit mouse pointer.
Otomais mini toolbar akan muncul dan Anda dapat melakukan pengaturan dengannya.
Mengatur
jarak Antarkarakter
Bisa saja kalimat yang kita masukkan terlalu sempit atau
renggang. Anda bisa mengatur jarak antar karakter supaya lebih nyaman dibaca.
Caranya sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang ingin Anda ubah
2. Klik Charaacter spacing pada grup
Font lalu pilih pengaturan yang Anda inginkan
Mengatur
Susunan Karakter
Ketika mengetik sebuah kalimat, mungkin tidak terlalu
memerhatikan susunan huruf (besar/kecil). Jika memang Anda ingin mengubah
susunanya, bsia dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang ingin Anda ubah
2. Klik Change Case PADA GRUP
Font, lalu pilih pengaturan yang Anda inginkan.
Supaya lebih cepat, Anda bisa menekan Sift + F3 berkali-kali
pada keyboard untuk melakukan perubahan susunan kata secara cepat.
Mengatur
Format paragraf
Selain mengatur teks, kita juga bisa mengatur format
paragraph, seperti perataan paragraph (teks), spasi antar baris, menambahkan
bullet and Numbering dan lain-lain.
Perataan
paragraf
Secara default, paragraph di dalam slide adalah rata kiri.
Kenyataannya, ketika membuat sebuah presentasi, bisa saja rata kanan, tengah
atau rata kiri-kanan. Cara mengubahnya sebagai berikut:
1. Seleksi paragraph atau teks
2. pilih salah sau pengaturan pada
grup paragraph
Mengatur
Spasi Antarbaris
Spasi antarbaris adalah jarak antara baris pertama (atas)
dengan baris berikutnya (bawah). Supaya tidak terlalu rapat, sebaiknya Anda
atur untuk membedakan antarparagraf. Cara melakukannya seperti berikut:
1. Seleksi teks yang akan Anda atr
2. Klik Line Spacing pada
grup Paragraf (ribbon Home) lalu pilih pengaturan spasi yang Anda
inginkan.
Membuat
Bullet dan Numbering
Jika kita memilih layout title & Content, pada bagian
Content sudah terbentuk Bullet and Numbering. Bentuknya seperti titikl. Supaya
tidak membosankan, Anda bisa mengubahnya dengan cara sebagai berikut:
Membuat
Bullet
Tanda Bullet berupa symbol atau pun gambar. Berikut ini
langkah-langkah untuk membuat Bullet
1. Seleksi paragraph yang ingin
diberikan Bullet
2. Klik Bullet pada grup Paragraph
3. Klik pilih jenis Bullet yang Anda
inginkan. Atau klik Bullets and Numbering untuk pengaturan lebih lanjut.
Membuat
Numbering
Numbering adalah tanda berupa angka atau huruf. Untuk
membuat Numbering, caranya sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang ingin diberi
Numbering
2. Klik tombol Numbering pada
grup paragraph
3. Klik jenis Numbering yang
Anda inginkan. Atau, klik Bullets and Numbering untuk pengaturan lebih
lanjut.
Mengatur
Identasi
Kita bisa menggeser paragraph baik ke kiri maupun ke kanan.
Hal ini dilakukan pada paragraph yang terlalu mepet atau auh dari batas kiri
paragraph. Cara melakukannya seperti berikut:
1. Seleksi paragraph yang akan
diatur
2. Klik Decrease List Level atau
Increase List Level pada grup Paragraf.
Membuat
Kolom
Jika dalam sebuah slide ada paragraph yang panjang. Anda
bisa mengatur layout menjadi beberapa kolom. Supaya tidak terlihat terlalu
mepet. Sebaiknya atur dulu ukuran paragraph menyesuaikan dengan jumlah kolom
yang Anda buat. Cara mengaturnya sebagai berikut:
1. Seleksi teks yang akan dibuat
kolom
2. Klik Columns pada grup
Paragraph lalu pilih jumlaj kolom yang Anda inginkan
Mengatur
Text Direction
Untuk keperluan tertentu, bsia saja Anda memutar arah
(rotasi) sebuah teks atau paragraph. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:
1. Seleksi teks yang akan dilakukan
pengaturan
2. Klik Text Direction pada
grup Paragraf lalu pilih jenis identasi yang akan Anda inginkan.
Mengonversi
Teks ke dalam Smart Art Graphic
Salah satu fitur tambahan pada Ms. PowerPoint 2007 adalah
SmartArt Graphic. Anda bisa mengubah teks yan telah Anda buat menjadi bentuk
visualisasi yang menarik. Kita bisa mengubah format bullet and numbering ke
dalam bentuk SmartArt Graphic supaya lebih indah dilihat. Untuk melakukannya,
ikuti langkah-langkah berikut:
1. Seleksi teks yang akan dikonversi
2. Klik Convert to SmartArt
Graphic pada grup paragraph lalu klik pada salah satu pilihan yang
ada.
MEMBERI
ATRIBUT PADA SLIDE
Rasanya sangat jarang presentasi hanya berisi teks. Untuk
memberikan gambaran yang lebih jelas kita bisa menyisipkan beberapa objek,
seperti gambar, grafik, video, table, atau yang lainnya.
Ada
dua cara untuk menyisipkan objek pada slide.
Pertama,
saat menambahkan slide baru (masih kosong), akan muncul ion-ikon di dalam
layout slide. Kita bisa memilij salahs atu objek yang akan dimasukkan denan
mengklik ikon yang muncul.
Cara kedua,
dengan menggunakan perintah-perintah yang terdapat pada ribbon insert.
Menyisipkan
Shapes
Powerpoint 2007., menyediakan bebrapa objek dalam bentuk
shape yang lebih banyak dan beragam dibading versi sebelumnya. Dengan bentuk
yang lebih beragam, tentu memberikan alternative shape yang lebih menarik untuk
digunaka dalam sebua presentasi. Untk menyisipkan shape pada slide, ikuti
langkah-langkah berikut ini
1. Klik tanda panah shape pada grup Drawing
2. PIlih salah satu shape yang
disedakan
3. Klik slide lalu tahan dan seret
hingga mebentuk shapes yang teklah Anda pilih sebelumnya
4. Klik Arrange pada grup
Drawing untuk melakukan pengaturan posisi shapes. Pilih pengaturan yang
Anda inginkan.
Menyisipkan
Tabel
Untuk presentasi sebuah data, akan lebih menarik dan praktis
jika Anda menyajikannya dalam bentuk table maupun grafik. Berikut ini cara
menyisipkan table yang sederhana ke dalam sebuah slide.
1. Siapkan slide yang akan
disisipkan table
2. Klik Table pada grup Tables
(ribbon Insert) lalu sorot jumlah kolom maupun baris yang
dibutuhkan.
3. Untuk pengaturan table lebih
lanjut, Anda dapat melakukannya pada ribbon layout. Untuk lebih jelasnya, Anda
bisa melihat pengaturan table yang dijelaskan pada bagian Ms. Word 2007.
4. Ketik informasi yang ingin
disampaikan.
Menyisipkan
Gambar
Selain pada Background, kita juga bisa menyisipkan gambar di
atas slide. Gambar tersebut tentu saja untuk menguatkan paparan yang
disampaikan saat presentasi. Meskipun anya utuk hiasan, usaakan tidak terlalu
melenceng dari topic yang disampaikan. Untuk menyisipkan gambar ke dalam slide,
ikuti langkah-langkah berikut:
1. Siapkan slide yang akan
disisipkan gambar.
2. Klik Picture pada grup Illustrations
(ribbon Insert)
3. Pilih gambar yang ingin
dimasukkan lalu klik insert
Menyisipkan
Clip Art
Sama seperti versi sebelumnya, Ms. PowerPoint 2007 juga
masih menyuediakan Clip Art. Fasilitas ini cukup berguna jika kita bingung akan
menyisipkan gambar yang sesuai dengan presentasi yang dibuat.
Untuk menyisipkan Clip Art, caranya sebagai berikut:
1. Klik Clip Art pada grup Illustration
(ribbon Insert)
2. Klik Organize Clips
3. Klik Clip Art yang akan
disisipkan lalu klik Copy
4. Paste (Ctrl + V) pada
slide. Atur ukuran gambar dengan menarik bagian ujung gambar.
Menyisipkan
Album Foto
Pada Ms. PowerPoint 2007, kita bisa membuat album foto.
Dengan fasilitas ini, kita tidak perlu memasukkan gambar satu persatu pada
slide. Jika fotonya banyak, pasti sngat merepotkan. Untuk membuat album foto,
caranya sebagai berikut:
1. Buat file baru
2. Klik Photo Album pada grup
Illustrations (ribbon Insert) lalu klik New Photo Album
3. Klik File/Disk
4. Seleksi beberapa foto (kombinasi
Ctrl/Shift + klik) lalu klik Insert
5. Pilih Layout
6. Klik Create
7. Beri judul masing-masing slide
Menyisipkan
Header dan Footer
Ketika membuat slide presentasi, sangat jarang menampilkan
informasi di bagian header maupun footer. Informasi tersebut bisaanya dibuat
jika slide akan di cetak (print). Informasi yang diberikan bisa berupa tanggal
dan waktu, nomor slide dan catatan kaki. Jika Anda ingin membuatnya, silakan
ikuti langkah berikut:
1. Klik Header & Footer pada
grup Text (ribbon Insert)
2. Atur tanggal dan waktu (Date
and Time)
3. Ceklis nomor halaman (Slide
Number)
4. Ketik catatan kaki (Footer)
5. Klik Apply to All jika ingin
menerapkan ke seluruh slide atau Apply jika anya pada slide yang dipilih
Menyisipkan
Word Art
Tulisan pada setiap judul slide bisa dibuat lebih menarik
bila menggunakan fasilitas Word Art. Pilihan bentuk telah disediakan. Kita bisa
memodifikasi bentuk atau warna sesuai keinginan. Cara membuatnya sebagai
berikut:
1. Klik Word Art pada grup Text
(Ribbon Insert) lalu klik salah satu pilihan yang disediakan
2. Ubah teks “Your Text Here” dengan
teks baru yang Anda inginkan
3. Atur lebih lanjut pada fasilitas
pada ribbon Format
Menyisipkan
Film atau Video Klip
Meskipun jarang dilakukan, saya yakin An da perlu tahu bahwa
PowerPoint memberi fasilitas untuk menyisipkan film atau video klip dengan
format/ekstensi avi, mpeg, mpg dan wmv. Jika kebetulan Anda dikasih tugas
liputan, ketika akan resentasi, bisa menyisipkan video liputan ke dalam slide
dengan cara sebaga berikut:
1. Klik anak panah Movie pada
grup Media Clips (ribbon Insert)
2. Pilih video yang akan dimasukkan
lalu klik OK
3. Klik Automatically
4. lalu pengaturan lebih lanjut pada
ribbon Options.
Menyisipkan
Suara
Selain video, Anda juga bisa menyisipkan suara ke dalam
slide Anda yang berkestensi .mid, ,midi, .mp3, dan .wma. Usahakan suara yang
dimasukkan tidak terlalu keras, sehingga dapat mengganggujalannya presentas.
Untuk menyisipkannya, ikuti langkah berikut:
1. Klik anak panah Sound pada
grup Media Clips (ribbon insert)
2. Klik Sound From File
3. Pilih suara yang akan Anda
masukkan lalu klik OK
4. Klik When Cliccked
Pada
slide akan keluar ikon speaker yang bila diklik, suar akan langsung terdengar.
Menyisipkan
Tombol Aksi
Tak jarang, saat presentasi, kita bolak-balik ke slide
sebelunya. Kalau slidenya banyak, waktu presentasi bia habis hanya dengan
mengoperasikan slide show. Kalau merasa dari awal akan menjelaskan bolak-balik
antar slide, sebaiknya dari awal juga disiapkan sebuah tombol navigasi untuk
mempercepat menuju slide yang diinginkan. Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Klik ribbon Insert
2. Klik tombol Shapes pada
grup Illustrations.
3. Pilih tombol aksi pada bagian Action
Buttons,
4. Klik, tahan dan seret hingga
membentuk tombol aksi yang telah Anda pilih sebelumnya.
5. Pilih Hyperlink to lalu
pilih slide yang akan dituju.
6. Klik OK
Memberikan
Komentar
Untuk memberi catatan kecil saat membuat presentasi, Anda
bisa menambahkan komentar. Barangkali, pada slide tersebut ada yang perlu
ditambahkan, tetapi Anda masih mencari bahan yang lebih cocok untuk ditampilkan
di slide tersebut. Komentar ini tidak akan tampil dalam slde show, hanya tampil
saat memodifkasi slide. Untuk memberikan komentar pada slide yang Anda buat,
caranya sebagai berikut.
1. Klik ribbon Review
2. Klik New Comment pada grup
Comments
3. Ketik komentar di dalam kotak
yang disediakan
Kotak komentar akan muncul saat mouse pointer Anda arahkan
pada ikon komentar (kotak kuning).
MEMBERI
EFEK ANIMASI
Memberi efek animasi, bisa “menghidupkan” sebuah presentasi.
Namun, akan sangat mengganggu bila animasi tersebut berjalan terus menerus.
Usahakan, animasi hanya diberikan saat perpindahan teks maupun objek. Kalaupun
diperlukan, jangan sampai semua teks maupun objek diberi animasi, Cukup hanya
teks dan objek yang diberi penekanan ketika menjelaskan sebuah topic
Memberi
Efek ANimasi pada Teks/Objek
Kita tidak perlu repot memikirkan akan membuat animasi
seperti apa karena powerpoint sudah menyediakannya. Jika kurang suka dengan
animasi yang sudah ada, kita bisa memodifikasi lebih lanjut tanpa harus
berpikir ekstra. Kali ini saya akan membuat animasi pada teks, Caranya sebagai
berikut:
1. Seleksi teks yang diberikan efek
animasi
2. Klik tanda panah Animate (ribbon
Animations)
3. Pilih efek animasi yang
disediakan atau klik custom Animation utnuk pengaturan lebih lanjut.
4. Klik Add Effect lalu pilih
efek yang Anda inginkan atau klik More Effects untuk memilih efek
lainnya.
5. Klik anak panah pada daftar item
efek animasi lalu pilih Effect Options untuk pengaturan lebih lanjut.
6. Lakukan pengaturan pada opsi yang
disediakan lalu klik OK.
Memberi
Efek Peralihan Antar Slide
Hal ini bsia dianggap penting. Membuat animasi peralihan
antar slide bisa sedikit menarik perhatian pemirsa sehingga tidak bosan dan
mengantuk saat mendengarkan presentasi. Untuk membuat animasi antar slide,
caranya sebagai berikut:
1. Pilih slide yang akan diberikan
efek peralihan
2. Klik tanda panah pada grup Transition
to This Slide (ribbon Animation)
3. Pilih efek transisi yang Anda
inginkan.
4. Klik Preview (ribbon Animations)
untuk melihat efek peralihan slide yang telah Anda berikan.
MENJALANKAN
PRESENTASI
Dengan mengikuti panduan dalam buku ini, Anda bisa membuat
sebuah presentasi yang sederhana. Perlu pengembangan lebih lanjut supaya hasil
presentasi Anda bisa menarik pemirsa. Dalam CD penyerta bku ini disertakan
beberapa file contoh dari penjelasan buku ini. Anda bisa memodifikasinya atau
membuat sesuai kebutuhan Anda sendiri.
Jika sudah, saatnya menjalankan presentasi yang telah Anda
buat. Silahkan lanjutkan membaca buku ini untuk paduan menjalankan presentasi
termasuk pengaturan lebih lanjut ketika akan menjalankannya.
Memulai
Presentasi
Tidak perlu sampai selesai semua slide untuk menjalankan
presentasi. Mulai dari satu slide pun, presentasi bisa dijalankan. Hal ini
bisaa dilakukan untuk mengecek sementara setiap slide akan ditampilkan seperti
apa. Kalau menjalankan dari awal slide, cukup tekan F5 lalu tekan spasi untuk
menuju sldie berikutnya. Namun, kalau ingin menampilkan awal presentasi pada
slide tertentu, caranya sebagai berikut:
1. Klik Custom Slide Show >
Custom Shows pada grup Start Sldie Show.
2. Klik New
3. Ketik nama presentasi pada koolom
slide show name
4. Klik slide yang dipresentasikan
pada bagian slides in Presentation
5. Klik Add
6. Jika sudah, klik OK
7. Klik Show untuk
menampilkan hasilnya
Mengatur
Presentasi dengan Set Up Slide Show
Supaya tidak selalu membuka file presentasi dan menjalankan
slide show, kita bisa memanfaatkan fasilitas Set Up Slide Show. Dengan
fasilitas ini, kita bisa langsung membuka file PowerPoint untuk menjalankannya.
Caranya sebagai berikut:
1. Klik ribbon Slide Show
2. Klik Set Up Slide Show pada
grup Set Up
3. Atur sesuai kebutuan Anda, lalu
klik OK
Menyembuyikan
Slide
Pernah bingung slide masih diperlukan, tetapi tidak ingin
ditampilkan saat presentasi? Tenang saja, kita bisa menyembunyikanya, sehingga
kalau memang slide tersebut masih diperlukan dikemudian hari, bisa ditampilkan
kembali tanpa harus menghapusnya. Cara menyembunyikannya sebagai berikut:
1. Klik kanan slide yang ingin Anda
sembunyikan, lalu klik Hide Slide
2. Slide yang disem bunyikan, ada
garis diagonal pada nomor slidenya
Untuk
mengembalikan ke semula, caranya sama dengan langan langkah pertama.
Merekam
Suara Presenter
Untuk meni ngkatkan kemampuan Anda dalam menyampaikan
presentasi, coba rekam dan dengarkan cara Anda bericara. Dari situ, Anda bisa
menilai diri sendiri apakah sudah pAndai berbicara di depan umum atau tidak.
Kalau sendiri saja sudah terdengar ugup, bagaimana jika ditonton banyak orang?
Makin sering berlatih, akan semakin pandai dan percaya diri berbicara di
hadapan banyak orang.
Cara
merekam presentasi adalah sebagai berikut:
1. Buka presentasi yang akan Anda
berikan rekaman suara
2. Klik ribbon Slide Show
3. Klik Record Narration pada
grup Set Up
4. Klik Set Microphone Lebel (gunakan
headset Microphone)
5. Atur besar volume speaker lalu
klik OK
6. Klik Change Quality
7. Pilih atribut yang disediakan
8. Klik OK
9. Klik OK
10. Silahkan langsung berbicara
sampai presentasi selesai
11. Jika sudah selesai, klik Save
12. Untuk melihat hasilnya, buka
folder tempat penyimpanan file sumbr presentasi
Mengetahui
Lamanya Presentasi
Pada presentasi tertentu, seperti siding, seminar, atau
workshop, waktunya dibatasi. Anda harus tahu batasan waktku yang diberikan
seingga bisa membuat bahan presentasi selama waktu yang disediakan. Untuk
mengecek lamanya waktu yang dibutuhkan dari semua slide yang telah dibuat,
caranya sebagai berikut:
1. Klik ribbon Slide Show
2. Klik Rehearse Timings pada
grup Set Up.
3. Presentasi akan dijalankan dengan
disertai kotak dialog Rehearsal di pojok kiri atas slide
4. Selesai presentasi selesai
dijalankan, klik Yes
Meggunakan
Fasilitas Pen
Pada saat melakukan presentasi, mungkin suatu waktu Anda
ingin memberikan catatan khusus pada suatu penjelasan di dalam slide. Untuk itu
dapat menggunakan fasilitas seperti pensil ang dapat membuat catatan/coretan
pada slide saat presentasi sedang berlangsung. Caranya sebagai erikut:
1. Jalankan presentasi yang telah
Anda buat
2. Klik kanan lalu Pilih Pointer
Options > Ink Color > Pilih Warna yang tidak sama dengan warna gambar
supaya lebih jelas.
3. Tandai yang akan dijelaskan
4. Klik kanan lalu pilih Pointer
Options > Erase All Ink on Slide untuk menghapus semua coretan yang
dibuat.
Selain cara di atas, coba arahkan mouse ke pojok kiri bawah
tampilan slide. Akan keluar ikon pensil. Klik ikon tersebut lalu pilih warna
tinta yang sesuai. Klik Keep untuk menyimpan coretan yang Anda buat
MENGGUNAKAN
FASILITAS BANTU
Beberapa fitur mungkin jarang digunakan. Namun, bukan
berarti fitur itu tersembunyi. Kita dapat memanfaatkannya untuk mendukung
sebuah presentasi.
Mengoreksi
Kesalahan Secara Otomatis
Untuk kata berbahasa Inggris, Ms. PowerPoint 2007 akan
mengoreksi secara otomatis kata yang salah dengan merekomendasikan beberapa
kata atau langsung mengoversi jika dia hanya mengenali satu kata. Bagaimana
kalau bahasa Indonesia? Bisa. Namuun, kita harus menambahkan dul kamus yang
disediakan. Caranya sebagai berikut:
1. Klik Microsoft Office Button
> PowerPoint Options
2. Klik AutoCorrect Option pada
tab Proofing
3. Ketik kata (bisa singkatan atau
uttuh) pada bagian Replace
4. Klik Add
5. Klik OK
Menggunakan
Tombol Shortcut
Bagi pengguna laptop mungkin jarang menggunakan mouse. Kalau
hanya mengandalkan touchpad, kayaknya lebih repot. Penggunaan shortcut (tombol
pintas) akan sangat membantu. Berikut ini shortcut yang sering digunakan
Tujuan
|
Perintah
pada Keyboard
|
Mengganti
jenis huruf
|
Ctrl
+ Shift + F
|
Memperbesar
ukuran huruf
|
Ctrl
+ Shift + >
|
Memperkecil
ukuran huruf
|
Ctrl
+ Shift + <
|
Membuka
kotak dialog find
|
Ctrl
+ F
|
Membuay
slide baru
|
Ctrl
+ M
|
Membuka
Microsoft office Button
|
Alt
+ F
|
Menghapus
satu kata di kiri
|
Ctrl
+ Backspace
|
Mencetak
tebal (bold)
|
Ctrl
+ B
|
Mencetak
miring teks (italic)
|
Ctrl
+ I
|
Memberi
garis bawah teks (Underline)
|
Ctrl
+ U
|
Rata
tengah paragraph
|
Ctrl
+ E
|
Rata
kanan dan kiri paragraph
|
Ctrl
+ J
|
Rata
kiri paragraph
|
Ctrl
+ L
|
Rata
kanan paragraph
|
Ctrl
+ R
|
Membuka
presentasi
|
Ctrl
+ O
|
Menceak
presentasi
|
Ctrl
+ P
|
Menyimpan
Presentasi
|
Ctrl
+ S
|
Menyimpan
sebagai (Save As)
|
Alt
+ F2
|
Mengubah
case
|
Shift
+ F3
|
Menutup
Aplikasi
|
Alt
+ F4
|
Mengoreksi
kata
|
F4
atau F7
|
Menjalankan
presentasi
|
F5
|
Membatalkan
pekerjaan (undo)
|
Ctrl
+ Z
|
Tidak
jadi membatalkan pekerjaan (Redo)
|
Ctrl
+ Y
|
Memerlukan
bantuan
|
F1
|
Mengakses
ribbon
|
Alt
+ klik huruf aau angka yang muncul
|
Menggunakan
Fasilitas Package for CD
Presentasi Anda bisa disimpan dalam CD. Jika dikomputer lain
tidak program PowerPoint, kita masih bisa menjalankannya dengan menggunakan
fasilitas Package for CD. Caranya sebagai berikut:
1. Klik Microsoft Office Button
> Publish > Package for CD
2. Ketik label untuk CD
3. Klik Copy to CD atau Copy
to Folder jika Anda ingin menyalin ke dalam folder di dalam computer
4. Klik Yes untuk
mengikutsertakan file yang mengandung link
5. Tunggu proses pengkopian hingga
selesai. Klik Yes jika Anda ingin mengkopi file lainnya ke dalam CD
kembali.
Membuat
Handouts dengan Microsoft Word
Jika kita print langsung dengan memilih handout, kita tidak
bsia mengatur posisi lebih lanjut sehingga bisa memboroskan kertas.
Alternativnya adalah membuat handout dengan Ms. Word. Kita bisa mengatur posisi
gambar supaya bisa menghemat kertas. Caranya sebagai berikut:
1. Klik Microsoft Office Button
> Publish > Create Handouts with in Microsoft Office Word
2. Pilih layout yang Anda inginkan
lalu klik OK
Secara otomatis Microsoft Word aan terbuka diserta dengan
tampilan handouts. Hasilnya dapat dilihat dalam file dengan nama membuat
handout dengan word yang ada di folder Ms. PowerPoint 2007,
MENCETAK
SLIDE
Seperti yang disampaikan sebelumnya, mencetak langsung di
PowerPoint mungkin akan memboroskan kertas. Supaya tidak terlalu boros,
sebaiknya lakukan pengaturan untuk meminimalisir pemborosan tersebut. Memang,
banyak ruang kosong bisa digunakan untuk coretan pembaca. Namun, seberapa
banyak hal itu dilakukan? Menurut pengalaman, jarang sekali memberikan coretan
dari hasil cetakan sldie. Kecuali peserta siding tidak dikasih kertas sama
sekali.
Menampilkan
Presentasi pada Area Outline
Untuk menyunting teks lebih cepat, Anda bisa menggunakan
area outline. Pada tab ini, kita bisa mengubah judul maupun isi slide tanpa
menuju slide yang dimaksud. Caranya sebagai berikut:
1. Klik tab Outline
2. Ubah kata atau kalimat yang
dianggap tidak cocok atau salah
Memperbesar
Tampilan Kerja Slide
Jika tamilan standar terasa kurang nyaman dilihat, kita bisa
memperbesar tampilannya sehingga lebih jelas dilihat. Caranya sebagai berikut:
1. Klik tab View
2. Klik Zoom
3. Pilih ukuran Zoom yang disediakan
lalu klik OK
Menampilkan
Ruler dan Gridlines
Penggaris (ruler), seperti pada Ms. Word 2007, sangat
membantu untuk melihat seberapa lebar dan tinggi ukuran sldie kita. Dari situ,
kita bisa mengatur identasi, komposisi tulisan, maupun gambar. Akan lebih
terbantu lagi bila kita juga mengaktifkan Gridline, sehingga ada garis panduan
dalam slide untuk mengatur posisi teks maupun objek lainnya. Cara
menampilkannya sebagai berikut:
1. Klik ribbon View
2. Ceklis Ruler dan Gridlines
bila diperlukan
Mengatur
Warna
Kalau hanya untuk pegangan peserta, alangkah baiknya dicetak
hitam putih. Pengaturan ini harus dilakukan jika printer yang digunakan
berwarna. Kalau printernya hitam putih, otomatis akan dicetak dalam warna
tersebut. Cara mengaturnya sebagai berikut:
1. Klik ribbon View
2. Klik Pure Black and White
3. Klik Back to Color View
Menampilkan
Hasil Pencetakan Slide Presentasi di Layar Monitor
Sebelum mencetak, bisaakan melihat dulu dilayar monitor.
Jika sudah yakin, baru mencetak ke kertas. Untuk melihat hasil yang akan
dicetak, ikuti langkah berikut:
Klik Microsoft Office Button > Print > Print
Preview
Mencetak
Slide Presentasi
Sudah siap dicetak? Siapkan kertas di printer Anda lalu lalu
ikuti langkah berikut:
1. Klik Microsoft Office Button
> Print > Print
2. Klik OK
Mudah-mudahan bermanfaat. Amin.
Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh
Silahkan langsung saja unduh arsipnya pada tautan di bawah ini.
0 Response to "Mengenal Microsoft PowerPoint"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung