Contoh Cover atau Sampul
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi sahabat Library Guru. Bagaimana kabarnya baik-baik saja bukan? Mudah-mudahan kita semua ada dalam keadaan bahagia, sehat selalu, tak kurang suatu apapun, dan senantiasa di bawah limpahan rahmat Allah SWT. Amin.
Kali ini akan berbagi tentang Bimbingan Konseling di Sekolah.
Bimbingan Konseling merupakan suatu bantuan yang diberikan konselor kepada konseli dalam rangka menyelesaikan maslah yang sedang dihadapinya dan mampu mengembangkan potensi yang dimilkinya.
Dalam Bimbingan konseling ada 3 (tiga) aspek tujuan sasaran, diantaranya adalah tentang aspek pribadi sosial, aspek akademik (belajar), dan aspek karier.
Inilah rincian tujuannya :
1. Tujuan bimbingan dan konseling yang terkait dengan aspek pribadi-sosial konseli adalah:
. Memiliki komitmen yang kuat dalam mengamalkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, pergaulan dengan teman sebaya, Sekolah/Madrasah, tempat kerja, maupun masyarakat pada umumnya.
· Memiliki sikap toleransi terhadap umat beragama lain, dengan saling menghormati dan memelihara hak dan kewajibannya masing-masing.
· Memiliki pemahaman tentang irama kehidupan yang bersifat fluktuatif antara yang menyenangkan (anugrah) dan yang tidak menyenangkan (musibah), sertadan mampu meresponnya secara positif sesuai dengan ajaran agama yang dianut.
· Memiliki pemahaman dan penerimaan diri secara objektif dan konstruktif, baik yang terkait dengan keunggulan maupun kelemahan; baik fisik maupun psikis.
· Memiliki sikap positif atau respek terhadap diri sendiri dan orang lain.
· Memiliki kemampuan untuk melakukan pilihan secara sehat
· Bersikap respek terhadap orang lain, menghormati atau menghargai orang lain, tidak melecehkan martabat atau harga dirinya. Memiliki rasa tanggung jawab, yang diwujudkan dalam bentuk komitmen terhadap tugas atau kewajibannya.
· Memiliki kemampuan berinteraksi sosial (human relationship), yang diwujudkan dalam bentuk hubungan persahabatan, persaudaraan, atau silaturahim dengan sesama manusia.
· Memiliki kemampuan dalam menyelesaikan konflik (masalah) baik bersifat internal (dalam diri sendiri) maupun dengan orang lain.
· Memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan secara efektif.
2. Tujuan bimbingan dan konseling yang terkait dengan aspek akademik (belajar) adalah :
· Memiliki kesadaran tentang potensi diri dalam aspek belajar, dan memahami berbagai hambatan yang mungkin muncul dalam proses belajar yang dialaminya.
· Memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif, seperti kebiasaan membaca buku, disiplin dalam belajar, mempunyai perhatian terhadap semua pelajaran, dan aktif mengikuti semua kegiatan belajar yang diprogramkan.
· Memiliki motif yang tinggi untuk belajar sepanjang hayat.
· Memiliki keterampilan atau teknik belajar yang efektif, seperti keterampilan membaca buku, mengggunakan kamus, mencatat pelajaran, dan mempersiapkan diri menghadapi ujian.
· Memiliki keterampilan untuk menetapkan tujuan dan perencanaan pendidikan, seperti membuat jadwal belajar, mengerjakan tugas-tugas, memantapkan diri dalam memperdalam pelajaran tertentu, dan berusaha memperoleh informasi tentang berbagai hal dalam rangka mengembangkan wawasan yang lebih luas.
· Memiliki kesiapan mental dan kemampuan untuk menghadapi ujian.
3. Tujuan bimbingan dan konseling yang terkait dengan aspek karir adalah :
· Memiliki pemahaman diri (kemampuan, minat dan kepribadian) yang terkait dengan pekerjaan.
· Memiliki pengetahuan mengenai dunia kerja dan informasi karir yang menunjang kematangan kompetensi karir.
· Memiliki sikap positif terhadap dunia kerja. Dalam arti mau bekerja dalam bidang pekerjaan apapun, tanpa merasa rendah diri, asal bermakna bagi dirinya, dan sesuai dengan norma agama.
· Memahami relevansi kompetensi belajar (kemampuan menguasai pelajaran) dengan persyaratan keahlian atau keterampilan bidang pekerjaan yang menjadi cita-cita karirnya masa depan.
· Memiliki kemampuan untuk membentuk identitas karir, dengan cara mengenali ciri-ciri pekerjaan, kemampuan (persyaratan) yang dituntut, lingkungan sosiopsikologis pekerjaan, prospek kerja, dan kesejahteraan kerja.
· Memiliki kemampuan merencanakan masa depan, yaitu merancang kehidupan secara rasional untuk memperoleh peran-peran yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan kondisi kehidupan sosial ekonomi.
· Dapat membentuk pola-pola karir, yaitu kecenderungan arah karir. Apabila seorang konseli bercita-cita menjadi seorang guru, maka dia senantiasa harus mengarahkan dirinya kepada kegiatan-kegiatan yang relevan dengan karir keguruan tersebut.
· Mengenal keterampilan, kemampuan dan minat. Keberhasilan atau kenyamanan dalam suatu karir amat dipengaruhi oleh kemampuan dan minat yang dimiliki.
Bimbingan Konseling
Semester I / II *)
No
|
Hari Tanggal
|
Nama
|
Jenis Bimbingan
|
Uraian dan Tindak Lanjut Masalah
|
Persentase (%)
|
Ket
| |||
Pribadi
|
Sosial
|
Belajar
|
Karir
| ||||||
Mengetahui : Guru Kelas
Kepala Sekolah
.................................. .................................
NIP. NIP.
Keterangan : *) coret yang tidak sesuai
Demikianlah bimbingan konseling yang dapat bagikan mudah-mudahan bermanfaat. Amin.
Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.
0 Response to "Bimbingan Konseling"
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung