Pengertian Pembelajaran

Salam pendidikan...
Pada kali ini saya mencoba akan menyajikan sebuah artikel tentang pengertian pembelajaran, ini bisa dijadikan untuk sebuah referensi.
Mari simak artikel sederhana dibawah ini.
Dewasa ini penggunaan istilah pembelajaran sudah tidak asing lagi, apalagi istilah pembelajaran lebih banyak digunakan dari pada istilah pengajaran. Kedua istilah tersebut memiliki perbedaan yang mendasar. Perbedaan itu terutama apabila dilihat dari peran yang dilakukan guru dan siswa ketika proses belajar mengajar berlansung.
Pada pengajaran, guru lebih aktif daripada siswa. Sementara itu dalam pembelajaran, siswa yang aktif. Guru tidak hanya memberikan sejumlah materi pengajaran, tetapi guru berusaha menciptakan situasi yang kondusif agar siswa belajar. Aktifitas siswa dalam belajar lebih banyak ditentukan guru dalam menciptakan situasi belajar. Komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran adalah komunikasi dua arah, bahkan multi arah, antar sesama siswa akan terjadi pembelajaran (pembelajaran teman sebaya).
Konsep pembelajaran lebih mengarah kepada suatu proses yang dilakukan siswa bersama-sama guru dalam memahami materi pelajaran. Inti dari pembelajaran adalah siswa belajar. Jadi, yang lebih banyak aktif adalah siswa bukan guru. Guru harus mampu membuat atau menciptakan kondisi agar siswa mau belajar.

Salam pendidikan
Semoga bermanfaat




Lebih baik bagikan dulu sebelum di download

Baca juga Artikel Penting Lainnya


Demikanlah artikel dan file yang kami bagikan ini, semoga dapat menjadi referensi dalam memudahkan pekerjaan Ibu dan Bapak Guru. Berikanlah komentar yang relevan demi perbaikan blog ini, agar dunia pendidikan kita lebih baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

0 Response to "Pengertian Pembelajaran"

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung